Siapkan Mental! Besok Hasil Tes PPPK Diumumkan

Siapkan Mental! Besok Hasil Tes PPPK Diumumkan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sempat tertunda dari jadwal sebelumnya, 16 Desember 2021, Kemendikbudristek RI akhirnya mengeluarkan surat edaran terbaru terkait jadwal pengumuman hasil tes PPPK tahap II. Jika tidak ada halangan, hasil tersebut bakal dikeluarkan secara daring (online), besok atau Selasa (21/12/2021).

Peserta yang dinyatakan lolos dapat mengikuti tahapan pemberkasan selanjutnya. Sedangkan peserta yang belum lolos, bisa mengajukan sanggahan pada 22-24 Desember 2021, melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

“Sebelumnya memang ada pengumuman penundaan hasil seleksi PPPK guru tahap II. Ini karena belum rampungnya rekapitulasi nilai oleh Panselnas. Nah di edaran terbaru bernomor 7830/B/GT.01.00, hasil seleksi tersebut dikeluarkan lusa (besok),” ujar Kacabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Hasil kelulusan peserta pada seleksi tahap kedua nantinya, akan menjadi gambaran umum terpenuhinya kuota PPPK guru 2021. Sebab dari seleksi sebelumnya, jumlah kelulusan peserta masih minim.

“Peserta yang sudah mengikuti seleksi PPPK guru (di BS) mencapai 835 orang. Sebanyak 348 peserta di seleksi tahap I dan 487 peserta di seleksi II. Sementara formasi yang terisi, baru 64 formasi saja,” beber Diazdado.

Sementara sisanya 305 formasi lagi, masih menunggu hasil pengumuman dari seleksi tahap II besok. Jika kelulusan meningkat, artinya peluang terpenuhinya 369 kuota ASN PPPK guru BS dapat terpenuhi.

“Kalau dilihat dari nilai sementara, kemungkinan di tahap dua ini banyak peserta yang lolos. Tapi pastinya di pengumuman nanti,” tukas Diazdado.

Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi PPPK guru tahap III, hingga Ahad (19/12/2021), belum ada petunjuk resmi dari Kemendikbudristek RI. Namun besar kemungkinan seleksi dilaksanakan pada 2022, mengingat tahun ini tinggal menyisakan beberapa hari saja. “Pusat belum membahas tahapan seleksi ketiga. Tapi itu pasti dilaksanakan walau di tahun depan,” tuntas Diazdado. (rzn)

Sumber: