Lima OPD Jadi Temuan BPK, Bupati : Segera Tindaklanjuti !

Lima OPD Jadi Temuan BPK, Bupati : Segera Tindaklanjuti !

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi menyebut ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak rekanan yang diingatkan terkait hasil pemeriksaan rutin tahap II, yang dilakukan BPK RI beberapa pekan lalu.

Pemeriksaan itu terhadap belanja modal atau kegiatan fisik di beberapa OPD yang akhirnya menjadi temuan. Gusnan mengingatkan Kepala OPD dan pihak rekanan agar segera menindaklanjut temuan tersebut agar dapat segera diselesaikan, meski sifatnya tidak terlalu fatal dan masih bisa ditoleransi untuk diselesaikan. Khususnya pekerjaan di Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

“Ya dari hasil keterangan BPK (saat zoom meeting) tadi, ada beberapa temuan BPK di OPD lingkungan Pemkab BS pada pekerjaan belanja modal dan proyek fisik. Tetapi temuan itu masih batas yang wajar. Untuk itu masih bisa diselesaikan dengan baik,” ujar Gusnan Mulyadi usai mengikuti zoom meeting bersama Ketua Tim Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) di Balai Sekundang Setungguan, Senin (20/12/2021), dan dihadiri Kepala OPD lingkungan Pemkab BS.

Hanya saja kata Gusnan, dirinya belum mendapat gambaran pasti terkait hasil temuan tersebut. Namun dirinya mengharapkan dengan sisa waktu yang ada sudah ada pihak rekanan dan OPD dapat menyelesaikanya. Karena mereka masih diberi waktu untuk klarifikasi temuan-temuan tersebut.

Dirinya mengaku, dengan adanya temuan oleh BPK ini akan menjadi perbaikan kerja OPD yang ada dilingkungan Pemkab BS. Untuk temuan BPK ini dirinya mengaku dipastikan kedepan tidak ada Tuntutan Ganti Rugi (TGR) yang fatal.

“Kalau TGR itu ada yang sifatnya fatal ada yang tidak, untuk temuan BPK ini TGR-nya tidak fatal, maka diharapkan segera ditindaklanjut. Dalam waktu dekat inilah kita akan lakukan penyelesaikan dari semua temuan BPK itu. Khusus para rekanan agar menyelesaikan semua temuan tersebut,” terang Bupati.

Ditegaskan Bupati, dirinya berharap kedepan BS bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI. Meskipun menurut Gusnan, hasil audit pemeriksaan yang dilakukan BPK tersebut tidak terlalu berpengaruh terkait penentuan opini laporan keuangan tersebut. “Kami berharap, kedepan ada perbaikan diseluruh OPD. Dengan begitu BS bisa meraih opini WTP,” terang Gusnan.(one)

Sumber: