Hasil Tes Seleksi PPPK Tahap II, Terisi 129 Kursi, Tersisa 240 Kuota

Hasil Tes Seleksi PPPK Tahap II, Terisi 129 Kursi, Tersisa 240 Kuota

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) secara resmi mengumumkan hasil seleksi kompetensi tahap II PPPK guru 2021, Senin (21/12/2021).

Di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), total peserta yang lolos hanya 65 orang dari 487 peserta yang mengikuti tes uji kompetensi. Jumlah ini hanya lebih banyak 1 kursi dari tes tahap I yang meloloskan 64 peserta.

“Sudah keluar hasilnya (seleksi PPPK). Namun keseluruhan kelulusannya masih minim dan belum bisa memenuhi kuota yang diberikan pusat,” ujar Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Dengan tambahan kelulusan PPPK tahap II, artinya secara keseluruhan kursi PPPK Guru BS terisi 129 kursi. Tersisa 240 formasi PPPK guru yang belum terisi. Pasalnya BS menerima kuota 369 kursi PPPK guru.

“Bagi 422 peserta yang belum lolos tahap II, langsung seleksi tahap III. Mereka ada kesempatan satu kali lagi untuk ikut tes,” ujar Diazdado.

Minimnya tingkat kelulusan peserta seleksi PPPK tahap II di BS dipengaruhi kesiapan peserta itu sendiri. Misalnya pada penyelesaian soal uji kompeteni teknis, dimana peserta banyak mengeluhkan soal yang dinilai terlalu sulit untuk dipahami.

“Prosedurnya betul-betul murni, artinya apa yang didapat oleh peserta, adalah bukti dari usaha mereka sendiri. Mudah-mudahan saja di seleksi ketiga nantinya peserta bisa lolos dan memenuhi formasi,” bebernya.

Sementara untuk jadwal seleksi PPPK tahap III, Diazdado mengaku belum menerima petunjuk teknis dari pusat. Hanya saja besar kemungkinan seleksi tersebut dilakukan pada tahun awal tahun depan, karena tahun ini hanya menyisakan beberapa hari lagi.

“Yang belum puas dengan raihan seleksi tahap II ini, silahkan sampaikan sanggahan melalui portal rekrutmen PPPK. Batas sanggahan hingga 25 Desember,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: