Besok, Ribuan Murid SD di Bengkulu Selatan Divaksin

Besok, Ribuan Murid SD di Bengkulu Selatan Divaksin

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN -  Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Bengkulu, Kamis (23/12/2021), menggelar kick off atau launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Vaksinasi massal untuk para pelajar tersebut dilaksanakan di SDN 4 BS dan bakal diikuti ribuan peserta didik jenjang SD se-BS.

Kepala Dinas Dikbud BS, Rispin Junaidi, M.Pd melalui Kabid Dikdas Efriansyah, SE mengaku total peserta didik SD yang bakal divaksin mencapai 9350 orang. Terdiri dari 115 SDN dan empat SD Swasta.

“Kick off ini menandai dimulainya kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Vaksin ini penting dilakukan, untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran kedepannya,” ujarnya kepada Rasel Selasa (21/2/2021).

Dijelaskan Efriasyah, tidak ada syarat khusus bagi siswa yang akan mengikuti vaksinasi. Hanya saja, siswa perlu didampingi orang tua maupun wali siswa saat mendatangi lokasi vaksin. Kegiatan vaksin dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

“Sementara ini, disediakan lebih dari 800 dosis vaksin Sinovac. Namun dosis ini akan terus ditambah seiring banyaknya peserta yang hadir. Kami minta kepala sekolah memberikan informasi ini kepada siswanya, untuk mendatangi lokasi vaksin,” ungkapnya.

Efriansyah menyebut vaksinasi untuk siswa SD penting dilakukan. Mengingat vaksin adalah benteng utama untuk mengendalikan pandemi covid-19. Jika pandemi terkendali, maka aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah kembali dilakukan secara efektif atau tanpa sesi.

“Selama ini kan KBM sekolah masih secara sesi, dengan vaksinasi siswa yang sudah merata. Maka KBM kedepannya akan dioptimalkan lagi, sebagaimana kondisi sebelum pandemi. Maka dari itu, kami minta partisipasi dan dukungan dari sekolah,” tegasnya.

Sementara itu, menghadapi pelaksanaan kick off atau pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang akan digelar pada Kamis (23/12/2021), Dinas Kesehatan BS akan menurunkan 6 tim vaksinator.

Disampaikan Kabid P2P Dinas Kesehatan BS, Budi Syahputra, enam tim medis tersebut berasal dari RSUD Hasanuddin Damrah Manna, Rumah Sakit As-Syifa, Puskesmas Kota Manna, Puskesmas Pasar Manna, Puskesmas M Taha dan Puskesmas Kayu Kunyit.

Menurut Budi, Dinas Kesehatan BS telah menyisihkan vaksin jenis Sinovac sebanyak 600 hingga 800 dosis. "Untuk stok vaksin cukup tersedia sesuai dengan target sasaran pencanangan vaksinasi nanti," jelas Budi.

Setelah pelaksanaan launching nanti, vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun akan segera dimassifkan ke seluruh anak-anak SD se Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Kick off di SDN 4 kamis ini sifatnya pencanangan atau launching. Tidak berhenti di sini saja, vaksinasi akan menyasar ke semua anak usia 6-11 tahun, termasuk di dalamnya semua anak Sekolah Dasar," urai Budi.

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk Vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan sesuai dengan format standar yang telah berlaku.

"Vaksin Sinovac ini aman dan sehat, telah teruji cocok dan aman untuk anak-anak. Kami imbau kepada wali murid agar tidak cemas, jangan ragu, bahwa vaksin ini aman untuk anak-anak," pungkas Budi. (rzn)

Sumber: