Ratusan Anggota Polri dan TNI Amankan Nataru

Ratusan Anggota Polri dan TNI Amankan Nataru

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ratusan anggota Polisi dan TNI akan mengamankan perayaan Natal dan tahun baru 2022 di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), dalam Operasi Lilin Nala 2021 yang dimulai Jumat (24/12/2021) hingga 2 Januari 2022. pengamanan ini juga melibatkan anggota Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Tagana, Basarnas, Saka Bhayangkara dan BPBD.

“Ada 80 personel TNI dan 300 personel polisi yang dikerahkan untuk mengamankan nataru. Juga ada tiga pos untuk mendukung pengamanan selama rangkaian Natal dan tahun baru,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH kepada awak media usai memimpin upacara gelar pasukan Ops Lilin Nala 2021, Kamis (23/12/2021).

Tiga pos nataru didirikan di lokasi yang berbeda. Satu pos di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya depan gedung DPRD, kemudian di depan gereja Jalan Letnan Tukiran, dan satu pos lagi di Pantai Pasar Bawah. “Operasi Lilin dilaksanakan 10 hari. Diharapkan natal dan pergantian tahun berjalan aman dan lancar tanpa,” ujar Kapolres.

Sesuai amanat Kapolri, Operasi Lilin Nala 2021 dilaksanakan terpusat dan secara serentak seluruh jajaran Polri. Perayaan Natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. “Kami mengimbau saat perayaan nataru selalu menerapkan protokol keseehatan, jangan sampai menimbulkan klaster baru covid,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menekan kepada semua personel agar menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang,sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Selain itu diharapkan meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum nataru.

“Saya harap agar seluruh personel juga tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. Selalu jaga kesehatan, lindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19,” imbau Kapolres. (yoh)

Sumber: