Alhamdulillah, Tak Satupun Anggota Satpol PP dan Damkar Dirumahkan

Alhamdulillah, Tak Satupun Anggota Satpol PP dan Damkar Dirumahkan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ratusan tenaga kontrak anggota Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkulu Selatan (BS) akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, tidak satupun dari mereka yang dirumahkan.

Dari hasil evaluasi terhadap 278 tenaga kontrak Pol-PP dan Damkar BS pada akhir 2021, tidak ditemukan bentuk indisipliner. Semua petugas mendapatkan raport kinerja yang baik sehingga layak untuk diperpanjang Surat Keterangan (SK) kontraknya.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos. Menurutnya, setiap petugas Satpol-PP dan Damkar BS, punya kesempatan yang baik untuk berbenah dan mendisiplinkan diri. “Evaluasi sudah selesai dilakukan. Kami melihat potensi petugas kami secara maksimal dan tidak ada yang indisipliner. Semuanya tetap kami pakai dan kami perpanjang SK kontraknya,” ujarnya kepada Rasel Selasa (4/1/2022).

Dijelaskan Erwin, pihaknya sengaja tidak memberhentikan sementara sejumlah tenaga kontrak tersebut, selama tahap evaluasi dan persiapan perpanjangan SK kontrak. Hal ini berkaitan dengan bidang tugas masing-masing petugas yang sangat dibutuhkan oleh satuan. Jika diberhentikan sementara lalu diangkat kembali, maka akan memperpanjang proses perpanjangan SK yang dilakukan.

“Mungkin sebelumnya ada isu atau kabar yang menyatakan bahwa ada pemberhentian anggota satpol-PP. Itu kami pastikan tidak ada, sebab evaluasi kinerja tak hanya diakhir tahun. Namun, setiap bulan kami selalu mengevaluasi anggota,” beber Erwin.

Tapi, pihaknya juga tidak membatasi jika ada anggota Satpol-PP maupun personel Damkar BS yang ingin mengundurkan diri. Erwin memastikan, kekosongan posisi personel akibat ada yang mengundurkan diri, bakal diganti dengan rekrutmen anggota baru.

“Kalau dari kami, tidak akan ada kebijakan memberhentikan petugas, selama kinerjanya baik dan disiplin. Begitupun dengan rekrutmen, selama petugas yang lama masih loyal, tetap akan kami pertahankan,” sambungnya.

Untuk itu, Erwin menegaskan agar kedepan kedisiplinan dan keterampilan para petugas Satpol-PP dan Damkar BS dalam bekerja lebih ditingkatkan. Sehingga, dapat membawa citra baik bagi institusi dan Pemerintah Daerah (Pemda) BS.

“Mudah-mudahan saja semua personel mematuhi aturan dan kedisiplinan yang selama ini diterapkan, serta tetap menjunjung tinggi sinergitas,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: