1.516 KPM Terancam Tak Dapat Bansos, Hari Ini Batas Waktunya

1.516 KPM Terancam Tak Dapat Bansos, Hari Ini Batas Waktunya

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bagi masyarakat Bengkulu Selatan (BS) terdampak Covid-19, ternyata masih banyak yang belum tersalurkan. Jumlahnya mencapai 1516 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jika hingga hari ini (14/1/2022) belum juga tersalurkan, bansos non tunai tersebut akan dikembalikan ke Kemensos alias hangus. “Tanggal 15 Januari bansosnya yang belum tersalurkan tidak lagi bisa dicairkan, hangus bansosnya,” ungkap Plt Kepala Dinsos BS, Anas Hanafi kepada Rasel, Kamis (13/1/2022).

Dijelaskannya, ada sebanyak 6000 KPM di BS yang mendapat bansos non tunai dari Kemensos RI tersebut pada tahun 2021. Besarannya Rp 200 ribu per KPM selama 6 bulan. Bantuan tersebut merupakan stimulus bantuan berupa sembako yang disalurkan dalam bentuk non tunai tanpa pencairan lewat bank.

Penerimanya adalah warga BS yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Mereka memenuhi syarat sebagai KPM diantaranya warga miskin atau rentan miskin yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka ini, sambung Anas, adalah masyarakat yang memenuhi syarat namun tidak pernah dapat bantuan selama ini.

Sumber: