Puluhan Kepala Sekolah Diperiksa Jaksa

Puluhan Kepala Sekolah Diperiksa Jaksa

RASELNEWS.COM, SELUMA - Sejumlah kepala sekolah (Kepsek) di Kabupaten Seluma, Kamis (13/1/2022) diperiksa jaksa Kejati Bengkulu. Pemeriksaan sejumlah kepala SD dan SMP itu terkait pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020.

Para kepala sekolah diperiksa Penyidik Kejati Bengkulu di aula Kejari Seluma. Pemeriksaan sendiri sudah berlangsung dua hari.

Ketua Tim Penyidik Kejati Bengkulu, Hendri Hanafi, SH mengatakan pemeriksaan untuk melanjutkan penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Kadispendik Seluma, Emzaili Hambali, M.Pd bersama menantunya.

“Kedua tersangka masih menjalani penahanan," beber Hendri kepada wartawan, kemarin.

Dari keterangan penyidik, sebanyak 52 kepsek di Seluma secara maraton dimintai keterangan dalam dua hari. Total kepsek yang akan diperiksa sebagai saksi mencapai 102 orang. Artinya pemeriksaan masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

"Secara bertahap, semua kepala sekolah yang menjadi saksi kami mintai keterangan. Ini diperlukan untuk melengkapi berkas," sambung Hendri.

Pemeriksaan terkait penerimaan dana afirmasi 2020. Penyidik Kejati Bengkulu menduga adanya pengelembungan harga pembelian barang melalui BOS Afirmasi non-fisik. Antaranya pembelian laptop, printer dan alat protokol kesehatan Covid-19 untuk SD dan SMP di Seluma.

Hendri menambahkan, tersangka telah melakukan upaya pengembalian kerugian negara (KN) temuan audit BPKP. Melalui kuasa hukum, tersangka menyerahkan uang titipan atas KN ke Kejati Bengkulu sebesar Rp 582 juta. (rwf)

Sumber: