Enam Fraksi Inginkan Nico Plt Sekwan

Enam Fraksi Inginkan Nico Plt Sekwan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Hubungan DPRD dan Bupati BS Gusnan Mulyadi belum mendingin. Pergantian Sekretaris DPRD (Sekwan) belum juga ada kepastian. Pernyataan Bupati yang mengklaim siap mengikuti keinginan DPRD memilih Sekwan asalkan sesuai aturan, mendapat respon dari Ketua Fraksi Persatuan Indonesia DPRD BS, Ikhsarudin, SH.

Ikhsarudin mengatakan Bupati terkesan bermain sandiwara terkait proses pergantian sekwan. Pernyataan bupati yang mengaku menunggu usulan dari DPRD untuk pengisian sekwan dinilai tidak masuk akal. Sebab sebelumnya DPRD telah berkirim surat kepada bupati mengenai siapa pejabat yang harus ditunjuk menduduki kursi sekwan.

“Surat lembaga yang ditandatangani enam fraksi (kecuali Fraksi Nasdem) sudah dikirim kepada bupati. Tapi bupati justru mengeluarkan pernyataan menunggu usulan DPRD untuk penunjukan sekwan. Kalau seperti itu seolah-olah bupati tidak membaca surat dari lembaga (DPRD BS, red),” sesal Ikhsarudin.

Dalam surat DPRD yang dikirim kepada bupati, para wakil rakyat itu meminta bupati mengosongkan jabatan Sekwan yang saat ini diduduki Ferry Kusnadi, SE. Setelah jabatan Sekwan dikosongkan, bupati diminta menunjuk Kabag Persidangan dan Perundangan-undangan DPRD BS, Nico Dwipayana, S.STP, M.Si sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekwan.

“Inginnya lembaga seperti itu. Kalau Sekwan sudah dijabat Plt, baru dilaksanakan proses lelang jabatan untuk pengisian Sekwan definitif,” jelas Ikhsarudin. Sebelumnya Bupati BS mengusulkan tiga calon pengganti Sekwan. Yakni Diah Winarsih, SH, Lismanto Bayu, SE, dan Nuzmanto M Adil. Namun tiga nama tersebut ditolak DPRD yang meminta Bupati menghormati lembaga dalam pengisian Sekwan demi menjaga hubungan baik dan sinergitas eksekutif-legislatif. (yoh)

Sumber: