Temuan BPK di Dinkes dan PUPR Lunas, Sisanya…

Temuan BPK di Dinkes dan PUPR Lunas, Sisanya…

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Temuan BPK RI Perwakilan Bengkulu direspon positif oleh lima OPD Pemda BS. Yakni Dinas Perkim, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Dikbud, dan Dinas Kesehatan. Lima OPD tersebut proaktif berkoordinasi menindaklanjuti temuan BPK untuk diselesaikan sebelum Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terbit. Bahkan, temuan BPK di Dinkes dan PUPR lunas.

“Progresnya berjalan baik. Lima OPD itu proaktif menindaklanjuti temuan BPK. Mereka terus koordinasi dengan pihak BPK di Bengkulu untuk menindaklanjuti temuan. Mudah-mudahan semua temuan selesai sebelum LHP terbit,” kata Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) BS, Diah Winarsih, SH.

Informasi terbaru yang diterima Ipda BS dari BPK RI perwakilan Bengkulu, dari lima OPD tersebut, Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR sudah melunasi temuan. Artinya tinggal tersisa tiga OPD lagi. Salah satu penyebabnya karena angka riil temuan BPK di tiga OPD tersebut masih proses penghitungan. “Ya informasinya di dua OPD sudah lunas,” ujar Diah.

Mengenai angka temuan BPK di lima OPD, Diah mengaku belum mengetahui secara pasti. Sebab BPK RI belum menyampaikan angka ke Ipda BS karena LHP belum terbit secara resmi. Namun lima OPD yang terdapat temuan sudah mengetahui jumlah uang negara yang wajib dikembalikan ka kas negara. Mereka langsung berkoordinasi ke BPK pada proses tindak lanjut temuan tersebut.

Jika temuan BPK dilunasi sebelum LHP terbit, tentu menjadi catatan positif untuk Pemda BS. Sebab tindaklanjut temuan BPK dijalankan dengan baik. Hal itu akan menjadi salah satu nilai plus Pemda untuk meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Sebab sudah lima tahun berturut-turut Pemda BS selalu mendapat predikat wajar dengan pengecualian (WDP) akibat buruknya pengelolaan laporan keuangan dan pendataan aset daerah. (yoh)

Sumber: