Tekan Stunting, Terapkan Aplikasi Elsimi

Tekan Stunting, Terapkan Aplikasi Elsimi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - DPPKB-P3A BS tahun 2022 ini mulai menerapkan aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kondisi calon pasangan pengantin.

Kepala DPPKB-P3A BS, M. Redhwan Arif,S.Sos MPh mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tiga kader pendamping keluarga dimana tugasnya nanti disetiap desa akan melakukan pendampingan terhadap calon pasangan pengantin. "Setelah kader ini nantinya mendapamping calon pasangan pengantin, yang nantinya akan kita masukkan nama setiap calon ke dalam aplikasi Elsimil. Tetapi kita akan fokus kepada calon ibunya untuk memperhatikan semua gizi dan kesehatannya guna mengantipasi stunting bagi calon bayi nantinya jika sudah menjadi pasangan pengantin," ujar M.Redhwan.

Dikatakan Redhwan, karena nantinya yang akan melahirkan adalah seorang ibu, dimana perkembangan utama anak itu ada di 1000 hari kehidupan atau 2 tahun. Jadi, supaya setiap pasangan rumah tangga bisa memahami betul kesiapan dalam menjalankan rumah tangga ada apa saja yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi stunting.

Aplikasi Elsimil ini nanti bertujuan yang dirancang untuk ibu hamil, dan yang sudah melahirkan. Sebagai alat pemantau kesehatan dan edukasi seputar kesiapan nikah dan program hamil, melalui Esimil ini juga bagi para calon pengantin harus melakukan pemeriksaan tiga bulan sebelumnya untuk kesiapan menikah.

"Dengan adanya aplikasi Elsimil ini, merupakan keseriusan Pemkab BS dalam upaya pencapaian penurunan stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024 mendatang. Bahkan dengan aplikasi ini kita bisa melihat apakah calon pasangan pengantin tersebut sudah siap menikah apa belum karena sesuai hasil yang tertera dalam aplikasi hasilnya akan terlihat," terangnya. (one)

Sumber: