Alamak! Ada Sampah Kondom Hingga Botol Miras di Pasar Bawah

Alamak! Ada Sampah Kondom Hingga Botol Miras di Pasar Bawah

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Akibat tidak dikelola dengan baik, objek wisata Pantai Pasar Bawah, Kabupeten Bengkulu Selatan, diduga kerap dijadikan tempat mesum dan mabuk-mabukan. Pasalnya, pengunjung tak jarang menemukan sampah kondom hingga botol miras yang dibuang sembarangan di sekitar wisata andalan daerah ini.

Sebenarnya kondisi ini sudah sangat lama dikeluhkan oleh warga sekitar. Bahkan warga kerap mendapati anak-anak muda yang kerap nongkrong sejak sore hingga malam hari. Contohnya di salah satu sudut pantai di depan tempat pelelangan ikan (TPI) dekat muara Sungai Air Manna.

Selain sampah kondom, juga banyak sekali ditemukan kemasan pil samcodin yang dibuang sembarangan di seputaran lokasi. Kondisi ini sangatlah memprihatinkan dan dapat merusak generasi muda kedepannya.

“Sore memang ada orang yang datang untuk bersantai. Pada malam hari pun ada anak-anak muda yang nongkrong di area objek wisata ini,” ucap Feri (30) salah satu warga sekitar yang ditemui Rasel di lokasi Kamis (20/1).

Ia mengatakan, objek wisata Pantai Pasar Bawah ini sejak awal memang terus didatangi oleh pengunjung. Meski yang datang kebanyakannya hanya orang lokal. “Namun masyarakat senang karena bisa bersantai di sore hari bersama kerabatnya,” ungkap Feri.

Entah kenapa kata dia, hingga sekarang nampak tidak dikelola atau dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan. Padahal, ada beberapa bangunan yang sudah dibangun. Seperti toilet dan bangunan tempat berjualan di sepanjang pantai tersebut. “Ada bangunan baru. Tempat jualan dan toilet. Tapi ada juga yang beroperasi dan sudah rusak. Kita sebagai warga tidak tahu apa kendalanya,” terang Feri.

Harapan masyarakat, objek wisata seperti itu harusnya dikelola agar bisa memberikan manfaat bagi daerah. Disamping itu, pemerintah daerah harus aktif mengawasi objek wisata tersebut. Tentunya yang tidak kalah penting sebagai tempat masyarakat untuk bersantai. “Apabila dibiarkan dengan kondisi sekarang ini. Maka akan terus dijadikan anak-anak muda tempat mesum dan mabuk-mabukan,” harap Feri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos, mengaku pihaknya segera menindaklanjuti atas banyaknya temuan bekas miras dan alat kontrasepsi di objek wisata Pantai Pasar Bawah. Dirinya mengaku banyak didapati anak-anak yang mabuk.

"Langkah tegas sudah sering kami lakukan. Bahkan, yang tertangkap mabuk sudah banyak. Tapi kami tidak akan jera, akan kami pantau terus lokasi itu dan juga lokasi lainnya. Terimakasih atas informasi yang disampaikan," tegas Erwin.

Disamping itu, ia juga meminta agar orang tua para remaja untuk lebih berperan dalam mengawasi pergaulan anak ketika bersama teman-temannya. Meski sedang sibuk bekerja, ortu jangan sampai lepas kontrol terhadap anaknya masing-masing. (rzn)

Sumber: