Pemkab Kaur dan Warga Saling Klaim Lahan

Pemkab Kaur dan Warga Saling Klaim Lahan

RASELNEWS.COM, KAUR - Lahan kosong yang berada di beberapa titik kawasan perkantoran Padang Kempas, Bintuhan, Kabupaten Kaur mulai menuai masalah. Pasalnya lahan yang masuk dalam areal perkantoran itu sebagaian mulai diklaim warga sebagi milik mereka.

Selama ini lahan kosong tersebut ada sebagian yang digarap warga namun ada beberapa pula yang dibiarkan menjadi semak belukar. Aksi saling klaim ini terlihat dari patok yang terpasang.

PascaPemkab Kaur memasang patok lahan sejak seminggu terkahir, kini warga ikut-ikutan memasang patok lahan tersebut milik mereka. Hal ini dapat dilihat di sepanjang jalan menuju kawasan Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur. Setidaknya tiga merek klaim yang dipasang oleh warga.

Kondisi ini dibenarkan Kabag Tata Pemerintahan Setda Kaur Bambang Trio Irawan, M.Si Kamis (10/2). "Iya memang disamping kita memasang patok tanah milik pemerintah ada juga warga yang memasang patok milik mereka, kondisi ini sudah kami panitia di lapangan," ujarnya.

Terkait hal ini, pihaknya mengaku dasar kepemilikan lahan yakni hibah persedium pemekaran Kaur saat ini masih ada lahan sekitar 40 hektar yang memang belum diterbitkan sertifikat. Secepatnya pihaknya akan menyelesaikan pengurusan sertifikat lahan tersebut.

Mengenai klaim yang dibuat warga, Bambang menegaskan, selagi warga memiliki bukti kepemilikan yang sah berupa sertifikat, tentu hal ini tak jadi persoalan. "Nah kalau ada yang merasa keberatan dengan klaim yang kita pasang boleh saja mengajukan gugatan, itu hak mereka. Tetapi sejauh ini belum ada yang menggugat ke ranah hukum," kata Bambang. (jul)

Sumber: