Sawah Kekeringan, Yunadi : Tertibkan Saluran Kolam

Sawah Kekeringan, Yunadi : Tertibkan Saluran Kolam

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sejumlah petani yang menggarap sawah di Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengeluhkan minimnya air.

Siring irigasi yang semestinya menjadi sumber pengairan sawah tidak berfungsi maksimal. Akibatnya banyak sawah kekeringan dan tidak bisa digarap untuk ditanami padi.

Kondisi itu terjadi akibat di hulu siring irigasi banyak dibobol oleh pemilik kolam air deras. Debit air di siring irigasi pun berkurang. Aliran air tidak sampai menjangkau ataran persawahan yang berada di ujung saluran irigasi.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD BS, Drs. Yunadi meminta Pemda turun tangan. Kolam air deras yang banyak membobol siring irigasi harus ditertibkan. Supaya debit air di siring irigasi bisa maksimal dan menjangkau seluruh lahan persawahan.

“Harus ada peranan Pemda menyikapi hal itu. Pembobolan saluran irigasi untuk air kolam harus ditertibkan. Utamakan dulu petani yang ingin menggarap sawah. Karena air irigasi satu-satunya sumber air. Kalau siring irigasi kering, petani tidak bisa menanam padi di sawah,” ujar Yunadi. (yoh)

Sumber: