Antisipasi Banjir, Warga Goro Bersihkan Siring Pasang

Antisipasi Banjir, Warga Goro Bersihkan Siring Pasang

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Warga Desa Ulak Lebar Kecamatan Pino bersama babinsa, bhabinkamtibmas dan dibantu pihak Kecamatan Pino gotong royong (goro) membersihkan siring pasang pada Jumat (18/2/2022) .

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama warga dan pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya bencana alam banjir. Panjang siring pasang yang dibersihkan warga mencapai 200 meter. Sebelumnya, siring pasang di desa setempat tidak berfungsi lagi lantaran sudah tertutup endapan tanah beserta sampah.

“Hari ini ada kebersihan siring pasang. Kegiatan ini ide sebagian besar warga Desa Ulak Lebar yang mengeluhkan mampetnya aliran air di siring pasang. Oleh kami, ide ini ditindaklanjuti dengan cara bergotong royong,” ujar Camat Pino, Hendri Farizal, SE, M.Ak.

Diteruskan Hendri, fasilitas siring pasang di desa setempat memang sangat diperlukan. Pasalnya, jika hujan turun permukaan jalan raya penuh digenangi air. Jika siring pasang tidak berfungsi, maka genangan air itu akan masuk ke pemukiman warga dan menimbulkan banjir.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama dan kekompakkan warga. Tadinya siring pasang mampet, sekarang sudah normal kembali. Kedepan akan ada lagi gotong royong serupa, mungkin juga di desa lain,” kata Hendri.

Sementara itu, Sipran (45) warga setempat mengaku pihaknya mendukung penuh program gotong royong kebersihan lingkungan desa. Bila perlu kata Sipran, goro bisa dilakukan setiap minggu dan dijadikan semboyan jumat bersih.

“Sudah lama sekali tidak dilaksanakan gotong royong. Dengan gotong royong ini juga akan meningkatkan persatuan dan kebersamaan warga,” ungkap Sipran. (rzn)

Sumber: