Tekan Tunggakan, PDAM Terapkan Pembayaran Online

Tekan Tunggakan, PDAM Terapkan Pembayaran Online

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya menekan tinggi tunggakan pembayaran tagihan pelanggan. Oleh karena itu, salah satunya dengan mempermudah pembayaran dengan menerapkan pembayaran sistem online.

"Kita akan gunakan sistem pembayaran tagihan secara online atau digitalisasi, guna menekan tunggakan yang setiap bulan selalu ada," ujar Direktur PDAM Tirta Manna, Iwan Kurwantoro SH.

Dikatakan Iwan, selama ini tunggakan pelanggan hampir mencapai Rp 1 Miliar, namun pihaknya terus berupaya menekan angka tersebut, namun masih tersisa sekitar Rp800 juta. Dan secara berangsur terus dilakukan penagihan dengan pendekatan persuasif terhadap pelanggan.

Banyak pelanggan yang menunggak, lantaran selama ini para pelanggan sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk datang atau antrian di loket pembayaran PDAM. Sehingga salah satu inovasi dilakukan pihak PDAM dengan menerapkan pembayaran sistem online.

"Hasil data lapangan, banyaknya tunggakan tersebut didominasi karena pelanggan tidak punya waktu membayar, sehingga dibiarkan nunggak dan akhirnya mereka baru bayar setelah tunggakan 4 hingga 5 bulan bahkan lebih," terang Iwan.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya menerapkan sistem digitalisasi atau online."Pelanggan cukup menggunakan handpone dengan menggunakan aplikasi khusus. Sehingga tidak ada lagi alasan mereka tidak membayar. Setelah aplikasi selesai, nanti mereka bisa bayar dari rumah atau dari tempat kerja atau dari mana saja," pungkasnya. (one)

Sumber: