Ribuan Vaksin Kedaluarsa 28 Februari

Ribuan Vaksin Kedaluarsa 28 Februari

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Ribuan dosis vaksin Covid-19 yang ada di Provinsi Bengkulu jenis astrazeneca bakal kedaluwarsa pada 28 Februari 2022. Vaksin tersebut telah didistribusikan ke Kabupaten/Kota dan diminta segera dimanfaatkan.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, pihaknya telah membuat surat edaran kepada kabupaten/kota terkait percepatan capaian vaksinasi khususnya lansia.

"Kabupaten/Kota kita harapkan membuat program harian karena wkatu kita hanya tinggal 6 hari lagi. Sesuai intruksi Bapak Presiden, jangan sampai ada vaksin yang mubazir, semua harus termanfaatkan," kata Gubernur, seusia menunjau vaksimasi di Mapolres Bengkulu, Selasa (22/2).

Dikatakan Rohidin, setiap kabupaten/kota menerima 10 sampai 12 ribu vaksin. Dengan waktu yang tersisa diyakini vaksin itu dapat termanfaatkan. "Silahkan lakukan berbagai program agar vakisn ini bisa segera dimanfaatkan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, vaksin ini diprioritaskan untuk vaksin booster usia 18 tahun keatas. Sedangkan vaksinasi untuk anak sekolah ditunda terlebih dahulu.

"Kita menerima 77 ribu vaksin dari pemerintah pusat, kami menanyakan ke pusat namun disebutkan bahwa vaksin ini diterima dari negara donornya. Kita hanya menjalankan apa yang sudah dialokasikan," kata Herwan.

Dengan sisa waktu yang ada, Herwan menyakini vaksin trrsebut bisa termanfaatkan seluruhnya. Jika nantinya tidak terserap akan dilaporkan kepada pemerintah pusat. "Harapannya tidak ada vaksin yang mubazir dan dapat termafaatkan. Makanya kita dorong cepat," pungkasnya. (cia)

Sumber: