Bupati Beri Kabar Baik untuk Warga Cinto Mandi dan Telaga Dalam, Nih Simak

Bupati Beri Kabar Baik untuk Warga Cinto Mandi dan Telaga Dalam, Nih Simak

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi memberi kabar baik untuk warga Desa Cinto Mandi dan Desa Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya.

Di mana, persoalan banjir tahunan yang kerap melanda kedua desa tersebut akan segera diatasi. Pemkab BS bakal membangun tanggul dan saluran pembuangan air.

Selama ini, banjir yang terjadi di wilayah tersebut diduga karena ketiadaan saluran pembuangan air serta tanggul penahan luapan Sungai Selali. Apabila tidak segera ditanggulangi, dikhawatirkan dua desa tersebut bakal tenggelam dan warganya kesulitan mendapatkan tempat tinggal baru.

“Saya sudah survei langsung kondisi Desa Cinto Mandi dan Telaga Dalam saat banjir beberapa waktu lalu. Situasinya memang mengkhawatirkan, letak pemukiman penduduk persis di dalam cekungan. Kalau hujan deras, air Sungai Selali akan mudah masuk,” ujar Gusnan Mulyani kepada Rasel.

Bersama Wabup Rifai Tajudin, Gusnan mengaku telah bermusyawarah terkait pembangunan tanggul dan saluran pembuangan. Rencananya anggaran pembangunan bakal disiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2022.

“Kalau mau dicover dalam APBD sudah tidak mungkin. Makanya kami usulkan di APBDP saja. Saya berkomitmen ini bakal terealisasi,” ungkap Gusnan.

Selain bakal membangun tanggul dan saluran pembuangan, Gusnan juga bakal memperjuangkan pembangunan badan jalan menuju desa setempat. Pasalnya mulai Desa Kembang Seri hingga Desa Telaga Dalam-Cinto Mandi, kondisi jalannya sudah rusak parah.

Hanya kendaraan tertentu yang bisa lewat, sementara potensi perkebunan dan pertanian milik warga sangat menjanjikan. “Status jalannya milik provinsi, namun saya bakal berkoordinasi dengan Pak Gubernur Bengkulu agar dapat dibantu. Karena kasihan sekali warga kita di sana,” beber Gusnan.

Untuk itu, dia berharap doa dan dukungan semua pihak agar rencana itu bisa terealisasi. Terbantunya masyarakat Desa Cinto Mandi dan Telaga Dalam kata Gusnan, merupakan sebuah capaian bagus untuk Pemkab BS.

“Inilah untungnya kalau kami (pemda) langsung turun ke lapangan, salah satunya dengan program Bupati ngantor di desa. Jadi banyak sekali temuan dan keluhan masyarakat yang bisa diserap dan disaksikan langsung oleh kami,” pungkas Gusnan. (rzn)

Sumber: