Atasi Kekeringan, Normalisasi Bendungan Dan Irigasi

Atasi Kekeringan, Normalisasi Bendungan Dan Irigasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk mengatasi keluhan petani akan kekeringan lahan pertanian. Pemkab Bengkulu Selatan (BS) Provinsi Bengkulu menormalisasi bendungan dan saluran irigasi Selepah. Permukaan Bendungan yang tertimbun pasir dan bebatuan dikeruk secara bergotong royong oleh Bupati BS, Gusnan Mulyadi bersama OPD, Camat dan warga setempat.

Gotong royong untuk membersihkan permukaan bendungan yang tertimbun menurunkan dua unit excavator dari DLHK BS dan Dinas Pertanian BS. Alat berat tersebut untuk mengangkat bebatuan dan pasir yang menimbun saluran irigasi.

"Kecamatan Seginim dan Air Nipis merupakan sentra produksi beras terbesar. Untuk itu, harus ada perhatian khusus. Apalagi luas lahan mencapai puluhan ribu hektar yang merupakan sentra lumbung padi. Gotong royong yang dilaksanakan ini lantaran keluhan warga terhadap minimnya pasokan air yang masuk ke persawahan. Kegiatan seperti ini bukan untuk yang pertama kalinya," sebut Gusnan.

Terpisah, Camat Seginim Mardalena, M.Si mengkau permukaan bendungan yang tertimbun membuat pasokan air yang masuk ke persawahan warga berkurang. Bahkan dalam kesempatan itu juga dilakukan penertiban saluran irigasi yang banyak dirusak.

"Kegiatan gotong royong ini merupakan budaya nenek moyang dan perlu dilestarikan. Jadi harus terus dijaga guna menjalain kebersamaan,” ungkap Mardalena. (one)  

Sumber: