Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Terus Digencarkan

Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Terus Digencarkan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) BS bersama jajaran OPD lingkungan Pemkab BS kembali melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 di sejumlah wilayah. Pemberian vaksinasi dilakukan untuk dosis pertama, kedua dan booster.

Petugas medis bersama tim mendatangi kantor kelurahan dan kantor desa untuk melakukan vaksinasi warga. Hal ini untuk mengajak warga yang belum vaksin, maupun menggencarkan vaksinasi booster bagi warga yang sudah lebih enam bulan vaksin dosis kedua. Atau sudah tiga bulan menerima vaksin dosis kedua bagi para lansia.

Plt Kepala Dinkes BS Didi Ruslan SKM, MSi mengaku capaian vaksinasi booster masih sangat rendah. Yakni baru di angka 2.067 orang atau 1,60 persen dari target sasaran.

Selain itu serbuan vaksinasi digencarkan sebagai tindaklanjut Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten BS Nomor 360/5/COVID-19/III/2022 tentang pemberlakuan PPKM level III. Salah satunya membantu menyukseskan pelaksanaan vaksinasi masyarakat di desa dan kelurahan untuk mempercepat capaian vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga, khususnya bagi lansia umur 60 tahun ke atas.

Didi mengatakan target vaksinasi di BS ditetapkan 129.298 orang atau sasaran. Dari jumlah tersebut, warga yang sudah vaksinasi pertama sebanyak 112.545 jiwa atau mencapai 87,04 persen. Kemudian warga yang sudah vaksinasi kedua sebanyak 87.021 jiwa atau mencapai 67,30 persen.

Sementara untuk vaksinasi booster partisipasinya masih sangat rendah. Karena itu tim akan terus gencar melakukan sosialiasi secara masif kepada masyarakat.

“Dengan vaksin lengkap dosis pertama dan dosis kedua serta booster, kita semakin terlindungi dari virus covid-19. Untuk itu kami berharap warga yang sudah vaksin satu dan dua agar tidak menunda waktu lagi untuk mendapatkan vaksin booster,” terang Didi.

Ditambahkan Didi, vaksinasi sebagai upaya mencegah efek membahayakan jika terkena Covid-19. “Tujuan akhirnya, demi memutus rantai penularan covid-19 di Bengkulu Selatan,” tuntasnya. (one)

Sumber: