Jangkauan Kios Sekundang Akan Diperluas

Jangkauan Kios Sekundang Akan Diperluas

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan berkeinginan memperluas jangkauan Kios Sekundang. Bahkan, kalau memungkinkan keberadaan Kios Sekundang bisa di seluruh provinsi di Indonesia. Namun, itu semua tidak terlepas dari kerjasama seluruh pemerintahan yang ada di daerah ini. Mulai, dari Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa. Sebab, apabila Kios Sekundang ini sudah menjadi sebuah jaringan yang kuat, nantinya akan sama seperti Indomart dan Alfamart.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi mengatakan, kedua merek seperti Indomart dan Alfamart sudah merambah luas di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan bahwa Kios Sekundang juga bisa seperti itu nantinya. Sehingga, produk asli dari masyarakat atau hasil produk lokal bisa dipasarkan di luar Provinsi Bengkulu.

"Contohnya ikan, karena ikan yang ada di Kecamatan Seginim dan Kecamatan Air Nipis. Dengan diperluasnya Kios Sekundang itu nantinya bisa memasukan produk ikan tersebut. Baik dalam bentuk segar maupun yang disimpan dalam bentu dikemas ataupun yang sudah diasap," kata Gusnan.

Dikatakan Gusnan, dengan adanya kerjasama ini maka harga ikan yang dipasarkan bisa meningkat. Karena dikelola dan dikemas dengan baik yang dipajang dalam suatu kios modern. Untuk itu, dibutuhkan juga kreatif masyarakat melalui Pemdes dengan memberdayakan masyarakat untuk melakukan pengolahan ikan agar bisa bertahan lama.

Dirinya berharap masyarakat yang ada di BS juga bisa maju dan berkembang seperti desa di provinsi lain. "Untuk kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Kami berharap pada Dinas Perikanan, Disperindagkop-UM serta peran PKK untuk membantu masyarakat agar mempunyai kreatif dalam pengolahan ikan hingga bisa dipasarkan lebih luas," tandasnya. (one)

Sumber: