Si Auditor Nakal Segera Dieksekusi

Si Auditor Nakal Segera Dieksekusi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Inspektorat Daerah Bengkulu Selatan (BS) segera mengambil keputusan terhadap oknum auditor nakal yang menerima suap saat mengaudit dana desa (DD) di enam desa Kecamatan Kedurang.

Proses pemeriksaan sudah dilakukan, tahap selanjutnya tinggal menunggu laporan hasil pemeriksaan (LHP) terbit. “Pemeriksaan sudah selesai. Tinggal menunggu LHP lagi. Tapi (tim pemeriksa) belum melapor ke saya. Jadi saya belum tahu persis mengenai isi hasil pemeriksaan terhadap oknum auditor tersebut,” kata Inspektur Ipda BS, Hamdan Sarbaini, S.Sos saat dikonfirmasi Rasel, Senin (7/3/2022).

Dikatakan Hamdan, LHP auditor nakal ini akan diupayakan selesai secepat mungkin. Jika LHP sudah selesai, tim pemeriksa akan menyampaikan LHP ke Bupati dan Sekda. Kemudian akan dibahas keputusan yang diambil terhadap oknum auditor tersebut.

“Kalau LHP sudah selesai, akan segera disampaikan ke bupati. Nanti pimpinan yang akan mengambil keputusan terhadap oknum auditor tersebut berdasarkan LHP hasil pemeriksaan oleh tim pemeriksa,” ujar Hamdan.

Sebelumnya salah satu oknum auditor Inspektorat diduga menerima suap atau imbalan sebesar Rp 10 juta dari enam mantan Pj Kades di Kecamatan Kedurang. Imbalan diberikan karena oknum auditor tersebut masuk tim audit yang mengaudit DD di enam desa tersebut.

DD yang diaudit sebelumnya dilaporkan ke Polres BS karena ada indikasi kesalahan aturan. sebab menggunakan DD untuk kegiatan study banding ke Kabupaten Pesaweran Provinsi Lampung pada bulan Agustus 2021 lalu. (yoh)

Sumber: