Pemprov Bangun Gudang Gabah di Kecamatan Seginim

Pemprov Bangun Gudang Gabah di Kecamatan Seginim

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, akan membangun gudang gabah di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Pembangunan gudang gabah melalui skema hibah ini menelan anggaran hingga Rp600 juta. Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan pembangunan dilakukan setelah selesai proses penandatangan perjanjian hibah antara Pemkab BS dan Pemprov Bengkulu.

“Karena ini dibangun di kabupaten, maka harus ada nota hibahnya yang ditandatangani Gubernur. Saat ini sedang dalam proses,” ungkap Ricky, Jumat (11/3).

Ricky mengatakan gudang gabah di wilayah itu sesuai permintaan masyarakat. Penyimpanan gabah dibutuhkan bagi petani untuk penyimpanan beras pasca panen agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik dalam waktu lama.

Pembangunan gudang gabah juga untuk membebaskan petani dari para tengkulak. Petani dapat menyimpan padi di gudang dam menjual saat harganya stabil. “Jadi sehabis panen, dijemur dan disimpan dalam gudang,” tegas Ricky.

Ricky mengatakan gudang gabah ini ditargetkan selesai dibangun dalam waktu dekat. "Mudah-mudahan pertengahan tahun sudah bisa mulai,” pungkasnya. (cia)

Sumber: