Dinas Perikanan Siapkan 95 Ribu Bibit Ikan Untuk 24 Pokdakan

Dinas Perikanan Siapkan 95 Ribu Bibit Ikan Untuk 24 Pokdakan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan tahun ini akan kembali melakukan pengadaan bantuan bibit ikan untuk budidaya .

Pengadaan bibit ini disiapkan sebanyak 95 ribu ekor lebih yang rencananya akan dibagikan untuk 24 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) air tawar yang ada di Kabupaten BS.

Adapun jenis bibit yang akan dibagikan ada empat jenis ikan yaitu, ikan gurame, ikan lele, ikan nila dan ikan patin. Kepala Dinas Perikanan BS, Santono, M.Pd melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Nopi Supriadi, S.Pi mengatakan, anggaran pengadaan bantuan bibit ikan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

Yang mana, pagu anggaran setidaknya ada Rp 1,2 miliar lebih. Bibit ikan ini, nantinya akan dibagikan ke masyarakat yang tergabung dalam Pokdakan di Kabupaten BS. Empat jenis bibit tersebut akan ditebar ke kolam-kolam masyarakat pembudidaya ikan.

"Ada sebanyak 95 ribu ekor lebih bibit ikan yang disiapkan dengan empat jenis bibit yang akan dibagikan ke masyarakat. Untuk sasaran penerima bantuan merupakan masyarakat yang tergabung dalam Pokdakan yang ada di BS," terang Nopi.

Ditambahkan Nopi, selain bibit dari pagu anggaran Rp 1,2 miliar lebih tersebut juga akan ada pengadaan pakan ikan. Bahkan, pakan ikan yang akan dibagikan ke Pokdakan tahun ini ada sebanyak 82,1 ton lebih. Namun, untuk kelompok pembudidaya yang akan menerima bantuan ini masih belum ditentukan.

Kini calon kelompok penerima bantuan sedang dilakukan verifikasi. “Untuk saat ini penerima bantuan percontohan budidaya ikan ini masih tahapan proses verifikasi. Namun, kami berharap dengan adanya bantuan itu nantinya, produksi ikan air tawar di BS semakin meningkat," pungkasnya. (one)

Sumber: