TPI Pasar Bawah Sudah Tak Layak Ditempati

TPI Pasar Bawah Sudah Tak Layak Ditempati

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Bawah sudah tak layak ditempati. Bahkan kondisi bangunan ini memperihatinkan lantaran lama tak tersentuh perbaikan.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan bangunan bisa roboh, bahkan bisa membahayakan. Meski tidak lagi layak ditempati, namun TPI masih saja dipergunakan setiap hari bagi nelayan dalam melelang ikan hasil tangkapan.

Kepala Dinas Perikanan BS, Santono MPd mengaku tempat pelelangan ikan (TPI) di kawasan obyek wisata pantai Pasar Bawah, sudah sangat memperihatinkan bahkan tidak layak lagi ditempati. Tetapi kenyataannya masih dipergunakan oleh para nelayan untuk tempat transaksi jual beli ikan.

 "Ya, TPI di kawasan obyek wisata pantai Pasar Bawah sudah layak direhab. Kami berharap persoalan tersebut dapat dituntaskan di tahun depan,. Karena untuk tahun ini dananya tidak tersedia dan Dinas Perikanan akan mengusulkan ke TAPD secara tertulis. Mohon dukungan anggaran termasuk dukungan dewan," kata Santono.

Santono menyebut, bukan hanya TPI yang terbengkalai, bangunan lain juga banyak yang terbengkalai. Seperti gudang pabrik es, dan fasilitas milik Dinas Perikanan lain-lainnya.

"Untuk persoalan ini sudah menjadi keharusan, dan tidak bisa didiamkan. Namun untuk perbaikan semua itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, dan butuh anggaran yang besar. Mudah-mudahan usulan rehab TPI ini bisa terwujud tahun depan," kata Santono. (one)

Sumber: