Dispora Gelar Seleksi Capas 2022, Klaim Tak Ada Titipan

Dispora Gelar Seleksi Capas 2022, Klaim Tak Ada Titipan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bengkulu Selatan (BS)  mulai menggelar seleksi calon pasukan (capas) pengibar bendera pusaka.

Seleksi diikuti peserta didik SMA/SMK ini digelar selama dua hari, Rabu-Kamis (16-17/3), di Stadion Padang Panjang Manna. Total 178 capas yang mengikuti seleksi, terdiri dari 81 putra dan 97 putri.

Kepala Dispora BS, Rispin Junaidi, M.Pd mengklaim semua rangkaian seleksi dilakukan secara ketat dan terbatas. Peserta harus melalui cek kesehatan, tinggi badan serta berat badan proposional serta postur tubuh sebagai syarat utama.

Meskipun dalam setiap seleksi Capas ini selalu diwarnai isu titipan, Rispin berjanji tidak ada titipan atau kemudahan untuk peserta tertentu. “Kami menginginkan sosok pribadi yang tangguh dan disiplin tinggi. Dipastikan tidak ada titipan apapun dalam seleksi,” tegas Rispin.

Selama rangkaian seleksi capas berlangsung, semua peserta ataupun panitia diminta menerapkan prokes pencegahan covid-19 secara ketat. Itu berkaitan dengan situasi pandemi covid-19 yang belum mereda.

“Peserta yang masuk seleksi tahap awal, adalah mereka yang namanya lebih dulu dikirim pihak sekolah ke kami. Sejauh ini memang belum diputuskan siapa yang diterima atau ditolak, namun panitia sudah bisa menilai kriteria dari masing-masing peserta,” ujar Rispin.

Dari itu, ia berharap semua peserta dapat mengikuti seleksi dengan maksimal. Peserta dilarang manja pada saat seleksi berlangsung. Karena peserta yang lolos akan ditempah menjadi pribadi yang lebih tangguh dengan latihan fisik dan mental.

“Tim pelatih dari TNI dan Polri, kemudian dibantu oleh purna Paskibraka. Kami yakin dan percaya kegiatan ini akan berlangsung efektif,” ungkap Rispin.

Sementara untuk peserta yang meraih nilai terbaik, bisa berpeluang untuk laju ke tingkat provinsi bahkan nasional. Sebab rangkaian seleksi capas dilakukan secara merata dan serentak di Indonesia.

“Tentu kami berharap ada peserta BS yang melaju ke tingkat provinsi dan nasional. Sebab prestasi ini akan membawa nama baik daerah,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: