Dishub Bina Puluhan Kendaran Angkut

Dishub Bina Puluhan Kendaran Angkut

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkulu Selatan menciptakan ketertiban lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya oleh pengguna transportasi umum. Kegiatan ini digelar secara mobile atau bergerak, dari suatu lokasi ke lokasi lainnya.

“Hari ini kami ada penertiban dan pembinaan kendaraan angkut yang kerap melintas di wilayah BS. Kegiatan ini dibantu oleh tim dari Satlantas Polres BS dan Subdenpom II Manna. Sementara ini, sudah sekitar 25 kendaraan yang kami bina dan diminta tidak membawa barang berlebih,” ujar Kepala Dishub BS, Alian, SH kepada Rasel kemarin (16/3).

Diteruskan Alian, pembinaan dan sosialisasi bagi kendaraan angkut tersebut bakal terus dilakukan beberapa hari kedepan. Tim akan mendatangi beberapa lokasi yang kerap dilewati kendaraan angkur besar ataupun menengah.

“Sejauh ini belum ditemukan kendaraan yang mengangkut barang melebihi kapasitas. Tapi, jika ditemukan nanti akan diberikan penindakan oleh pihak kepolisian,” sambung Alian.

Sementara untuk memastikan bahwa barang yang dibawa kendaraan tidak berlebih atau over kapasitas, ia mengacu ciri utama bisa dilihat dari menjulangnya barang bawaan yang ditumpuk ditas kendaraan. Kemudian, bisa dilihat dari tekanan ban kendaraan yang digunakan.

“Selain bisa berpeluang terjadi kecelakaan, kendaraan over kapasitas ini bisa menyebabkan kerusakan jalan. Mudah-mudahan para sopir kendaraan ini kian tertib dan mematuhi peraturan yang ada,” pungkas Alian. (rzn)

Sumber: