Jelang Festival, Gurita Mulai Mahal

Jelang Festival, Gurita Mulai Mahal

RASELNEWS.COM, KAUR – Jelang festival, gurita mulai mahal. Pada bulan Juni mendatang Pemkab Kaur akan menggelar festival gurita. walaupun festival masih lama, tetapi harga gurita kering dan basah di pasaran mulai tinggi. Bahkan untuk gurita basah belum diolah oleh pengepul dihargai hingga Rp75 ribu perkilonya. Sementara gurita kering relatif tinggi.

Naiknya harga gurita itu terjadi pascabelum kunjung tibanya musim gurita, ditambah dengan pembelian gurita basah dalam jumlah besar yang diekspor keluar negeri membuat harga binatang laut itu kian merangkak.

Bahkan para pengepul mengaku saat ini tak pernah menyimpan stok gurita basah diatas 20 kg. "Harganya sudah tinggi saat ini kami jual Rp 75 ribu satu kilonya," ujar Zaida (43) pengepul gurita di sentral gurita dusun dalam Pelabuhan Linau Kecamatan Maje.

Ungkapan yang sama juga disampaikan pengepul lainnya, Eryani (29) yang mengaku saat ini jarang banyak menyimpan stok gurita kering. Hal ini lantaran banyaknya peminat gurita dalam beberpaantahun terakhir. Belum lagi permintaan sejumlah warung makan dan sate gurita sehingga menambah naiknya harga gurita. "Untuk gurita kering mahal, kalau kita olah bisa kita jual diatas Rp 100 ribuan," ucapnya.

Sementara itu nelayan penangkap gurita Mahdi (43) mengaku saat ini memang gurita sedang masuk masa siklus belum musim. Meski banyak nelayan belum melirik gurita lantaran sedang trend menangkap Benur (Baby Lobster) namun tetap saja hasil tangkapan belum maksimal. "Belum musim, saat ini gurita masih mahal, kami mancing dapat dua tiga kilo itu sudah bersyukur," timpalnya.

Sementara itu rencana festival gurita itu sempat disampaikan Disparpora Kaur dalam rapat koordinasi (Rakor) yang digelar di aula lantai 3 Setda Kaur pada bulan lalu. Dimana festival gurita dan surfing dirancang akan diselenggarakan pada 21-22 Juni nanti.

Festival digelar di lapangan merdeka Bintuhan sekaligus memecah rekor muri. Sementara surfing direncanakan akan dilaksanakan di Pengubayan. Khusus festival gurita itu pihaknya akan menyiapkan 10 ribu tusuk sate gurita yang nanti akan dihidangkan di lapangan merdeka.

Selain itu juga akan menyediakan berbagai hidangan lain berbahan gurita. Harapannya dengan festival ini Kaur akan semakin dikenal dengan sumber gurita di Provinsi Bengkulu. (jul)

Sumber: