1.550 Guru di Bengkulu Selatan Belum Bersertifikasi

1.550 Guru di Bengkulu Selatan Belum Bersertifikasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Sebanyak 1.550 guru jenjang TK, SD hingga SMP di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tercacat belum lolos pendidikan profesi guru (PPG) atau bersertifikasi.

Diantaranya sebanyak 1100 guru PNS, dan 450 guru honorer. Jumlah ini sedikit mengalami penambahan dari jumlah tahun lalu, dimana sekitar 1500 guru BS tercacat belum sertifikasi.

Kabid PTK Dinas Dikbud BS, Amir Syopian, M.Pd membenarkan hal ini. Menurutnya, sejumlah guru yang berlum sertifikasi itu masih punya peluang untuk ikut program PPG dikemudian hari. Sebab, rangkaian seleksi PPG perlu persiapan matang dan tidak semua guru bisa langsung berpartisipasi.

“Sekarang ini baru sekitar 1200 guru yang sudah sertifikasi. Jumlah ini rutin mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) per triwulannya. Sementara sisanya, masih tahap persiapan seleksi PPG dan ada juga yang belum lolos syarat,” ujarnya.

Diteruskan Amir, untuk bisa ikut program PPG. Tentu ada syarat khusus yang harus dipenuhi guru bersangkutan. Mulai dari berijazah minimal S-1, telah mengabdi selama lima tahun, terdaftar di dapodik, punya akun SIMPKB dan memiliki NUPTK.

Disamping itu, guru sertifikasi harus ikut pretest PPG terlebih dahulu. “Jumlah yang belum sertifikasi ini cukup banyak. Padahal peluang dari pusat setiap seleksi PPG itu sangatlah besar. Tinggal lagi, bagaiman setiap guru menyusun strategi agar bisa lolos,” kata Amir.

Meski demikian, ia mengaku pihak Disdikbud BS akan terus mendorong para guru yang belum sertifikasi itu untuk bisa lolos PPH. Sebab, dengan disertifikasinya guru akan memberikan dampak baik untuk pendidikan BS. Guru sertifikasi adalah insan pendidik yang terlatih dan punya kualitas sumberdaya yang maksimal.

“Sertifikasi itu merupakan sebuah standar kualitas guru. Kalau disertifikasi pusat, artinya kualitas guru ini sudah baik. Tentu dengan berbagai tahapan penilaian dan seleksi yang diberikan,” beber Amir. Untuk itu, Amir mengimbau para guru yang belum sertifikasi tersebut, untuk bisa gabung dalam seleksi PPG tahun ini. Dimana, seleksi PPG tersebut sudah dimulai dan terbuka untuk seluruh guru yang lengkap syarat.

“Pendaftaran dan perlengkapan berkas administrasi langsung melalui laman ppg. kemdikbud.go.id. Setelah itu login dan ikuti prosesnya. Biasanya, guru yang telah memenuhi syarat secara otomatis diundang pusat melalui nomor handphone yang tertera di dapodik masing-masing,” tandas Amir. (rzn)

Sumber: