Ciptakan Kampung Nelayan Maju

Ciptakan Kampung Nelayan Maju

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemda Bengkulu Selatan akan mendapatkan bantuan program kampung nelayan maju (Kalaju) dan budidaya ikan patin. Bantuan ini dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Melalui potensi laut dan perikanan darat, Bengkulu Selatan dinilai punya peluang besar untuk meningkatkan derajat ekonomi nelayan dan petani ikan. Karena luasnya cakupan wilayah pesisir dan kesempatan besar para pengusaha kolam ikan untuk mengelola dan mengembangkan potensi tersebut.

Program inisebagai perwujudan lingkungan pemukiman nelayan yang maju, bersih, sehat, dan nyaman yang mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas kehidupan nelayan dan keluarganya. Salah satu strategi pengembangannya yakni melalui integrasi permukiman nelayan dengan pusat-pusat aktivitas ekonomi, seperti pelabuhan perikanan dan kawasan wisata kuliner.

Kepala Dinas Perikanan BS, Santono MPd mengatakan, pihaknya akan membangun melalui program Kementrian KKP pada tahun 2022 ini. Dipusatkan di Pasar Bawah lantaran di tempat tersebut sudah ada tempat pelelangan ikan (TPI). "Ya, tahun ini akan dibangun kampung nelayan maju," ujar Santono.

Dikatakan Santono, pembangunan Kalaju dilakukan langsung pihak KKP, sedangkan untuk pembangunan fisik akan melibatkan Kementrian PU, pemerosesan dan pemasaran melibatkan Kementrian Koperasi, untuk penyediaan alat tangkap melibatkan pihak Kementerian KKP.

"Pengembangan kampung nelayan maju tak lain untuk mengubah kampung nelayan dari kesan miskin, kumuh dan kotor menjadi lebih maju dan tertata dengan baik," terang Santono. (one)

Sumber: