Rehabilitasi Bendungan Dianggarkan Rp 100 Juta

Rehabilitasi Bendungan Dianggarkan Rp 100 Juta

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) sudah menganggarkan dana Rp 100 juta untuk rehabilitasi bendungan Ali Akam di Desa Anggut Kecamatan Pino. Pekerjaan akan dilaksanakan tahun ini menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU).

Harapannya setelah bendungan diperbaiki air bisa mengalir kembali ke sawah. Sehingga masyarakat lebih mudah mengelola lahan pertaniannya.

Plt Kadis PUPR BS, Teddy Setiawan, M.Si melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA), Putra Irawan ST mengatakan untuk rehabilitasi bendungan ini akan dilakukan segera mungkin karena dalam pengerjaannya tidak memerlukan sistem tender cukup dengan penunjukan langsung (PL). Sehingga tidak memakan waktu proses tender dan lelang. Rehabilitasi yang dilakukan juga tidak terlalu berat, hanya memperbaiki talud yang jebol. agar air bisa mengalir kembali ke saluran irigasi.

"Lingkup pekerjaan memperbaiki talud yang rusak," kata Putra. Selama ini air dari bendungan tidak bisa dialirkan ke sawah lantaran ada talud yang jebol. Sehingga air mengalir lewat jebolan talud tersebut.

Dikatakan Putra, dengan adanya upaya perbaikan kerusakan bendungan ini maka masyarakat terkhusus warga Desa Anggut dapat menanam padi secara normal kembali. Selama ini masyarakat hanya mengandalkan sumber air dari hujan. bahkan ada beberapa bidang sawah tidak ditanami padi lantaran pasokan air tidak cukup.

"Intinya kita hanya melakukan pengerjaannya saja, semoga pengerjaan ini tidak ada halangan, maka dengan cepat lahan persawahan masyarakat bisa diolah kembali," pungkas Putra. (one)

Sumber: