Balita di Pagar Gading Alami Gizi Buruk

Balita di Pagar Gading Alami Gizi Buruk

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sania balita warga Desa Pagar Gading Kecamatan Pino Raya yang mengalami gizi buruk diberi bantuan. Bantuan berupa 30 kotak susu dan vitamin ini disalurkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu.

Plt Kepala Dinkes BS, Didi Ruslan mengatakan, bantuan tersebut diberikan melalui Puskemas Pagar Gading. Petugas puskesmas diwajibkan mengontrol kondisi sang balita agar cepat membaik dari gizi buruk.

Saat ini kondisi balita itu sudah mulai membaik setelah belakangan ini selalu mendapat asupan gizi cukup dan pelayanan kesehatan rutin. Saat pertama kali ditimbang beberapa waktu lalu berat Sania 2,3 kilogram. Saat ini bobotnya sudah menjadi 3,7 kilogram.

"Kondisinya mulai membaik. Artinya asupan gizi dan perhatian pemerintah akan selalu ada,” kata Didi.

Dikatakan Didi, permasalahan gizi buruk merupakan salah satu fokus utama pemerintah daerah, gizi buruk dapat dicegah dan ditangani. Maka dari itu masyarakat harus pro aktif membawa balita ke posyandu.

"Sebenarnya bisa dicegah sejak awal kehamilan, caranya memberikan makanan sehat dan bergizi. Tapi kalau sudah lahir kita lakukan asupan gizi, penting untuk masyarakat lebih baik mencegah, jangan biarkan anak kita mengalami gizi buruk," terang Didi.

Disisi lain Bupati BS Gusnan Mulyadi menegaskan tugas dan fungsi pemerintah desa (Pemdes) dan bidan desa agar memperhatikan dengan sangat masyarakat dan balita. Karena, yang mengetahui secara langsung kondisi desa adalah pemerintah desa. Maka dari itu Gusnan menekankan masalah kesehatan paling utama diperhatikan. Ia tidak ingin BS mengalami gizi buruk dan stunting.

"Bagi Puskemas, perawat desa yang tidak memperhatikan warga sakit dan balita lapor saya. Bisa saya berhentikan," tegas Gusnan. (one)

Sumber: