Uji Coba Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Gratis

Uji Coba Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Gratis

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Uji coba jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung dimulai tanggal 26 April - 10 Mei. Ini setelah pembangunan tahap 1 jalan tol Bengkulu - Lubuk Linggau mulai dari Simpang Betungan - Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer telah selesai dikerjakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Sumardji mengatakan uji coba gratis ini guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 2022. “Tujuan uji coba jalan tol bengkulu ini untuk membantu melancarkan arus lalu lintas yang ada di seputaran Kota Bengkulu,” ungkap Sumardji dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (25/4).

Meskipun uji coba, Sumardji menyebut ada sejumlah ketentuan yang harus ditaati oleh pengguna jalan. Pertama, jalan tol dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kedua, pengguna tol tetap menggunakan kartu tol, namun saat dipintu masuk kuota kartu tol tidak terpotong.

Lalu ketiga, batas kecepatan maksimum kendaraan adalah 80 km/jam dan minimun 60 km/jam. Keempat, jalan tol ini hanya berlaku untuk mobil dan tidak berlaku untuk motor. Kelima, kendaraan bak terbuka dilarang mengangkut penumpang, karena membahayakan keselamatan penumpang.

"Karena sifatnya masih uji coba, tidak boleh mendahului atau menyalib dari kiri. Semua harus menggunakan jalur kanan. Tolong ini disampaikan kepada masyarakat,” kata Sumardji.

Dia memastikan, jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung telah siap dilalui. Pihaknya telah memantau langsung kondisi jalan tol. Sumardji juga mengapreasi pengerjaan jalan tol yang berjalan lancar.

"Saya sudah cek sendiri. Pemandangan sepanjang jalan tol sangat bagus sekali. Saya sangat apreasi," katanya.

Terpisah, Manager Pengendali Hutama Karya, Elvin Jaya Andika mengatakan secara keseluruhan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung telah selesai 100 persen dan bisa dilintasi. “Pengendara tetap harus menggunakan kartu e-Tol pada pintu masuk agar bisa masuk,” singkatnya. (cia)

Sumber: