Lomba Desa Wisata Kembali Digelar, Ini Poin yang Harus Dipenuhi

Lomba Desa Wisata Kembali Digelar, Ini Poin yang Harus Dipenuhi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN– Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata RI kembali membuka event Lomba Desa Wisata (LDW) terhitung Agustus mendatang. LDW ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian khusus.

Dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Bengkulu Selatan (BS), Nengsih Apriani, S.Pi setidaknya ada lima poin utama yang harus disiapkan desa ketika ingin ikut dalam event LDW tersebut.

Diantaranya, punya destinasi wisata alami yang berada di desa tersebut, lalu memiliki SDM pengelola objek wisata yang unggul, objek wisata yang ditawarkan sudah dikenal masyarakat lokal, punya daya tarik eksotis atas wisata yang ditawarkan serta akses penghubung ke objek wisata lebih mudah untuk dijangkau.

“LDW kembali dibuka dan ini kesempatan bagi setiap desa untuk bersaing memunculkan wisatanya. Kami harap, Pemdes tidak melewatkan kesempatan ini agar nantinya BS punya desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Sistem penilaian LDWpun tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Desa cukup menyiapkan objek wisata yang akan dinilai, lalu diupload ke laman LDW yang telah disiapkan oleh panitia. Disamping itu, desa juga harus proaktif mempromosikan objek wisata yang dimiliki.

“Objek wisata yang ingin diikutkan lomba bebas mau temanya seperti apa. Misal, mau tema wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Terpenting wisata tersebut asli milik desa dan tidak ada masalah dalam pengelolaan tersebut,” bebernya.

Selain punya kesempatan untuk berpartisipasi dalam event lomba desa wisata, Nengsih menyebut para pemuda dan pemudi desa juga punya peluang untuk dapat bergabung dalam pemilihan putra dan putri pariwisata. Kegiatan ini juga akan melalui seleksi ketat, mulai dari seleksi tingkat kecamatan hingga nasional.

“Mudah-mudahan, dengan banyaknya event berkelas nasional. Akan mampu membawa perubahan dan kemajuan signifikan di tingkat desa. Kita optimis nantinya BS semakin maju dan sejahtera,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: