Pemkab BS Ajukan Lelang 14 Posisi JPTP, Barli Sebut Tak Dapat Restu KASN

Pemkab BS Ajukan Lelang 14 Posisi JPTP, Barli Sebut Tak Dapat Restu KASN

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) sudah mengajukan lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sebanyak 14 posisi JPTP yang diajukan untuk dilelang. Bahkan Pemkab BS menargetkan pelaksanaan lelang JPTP dapat digelar Juni, bulan depan.

Namun pendapat berbeda disampaikan oleh Ketua DPRD BS Barli Halim. Ia menyebut kekosongan kursi Kepala OPD lingkungan Pemkab BS sepertinya akan berlangsung lama. Sebab Bupati BS Gusnan Mulyadi terancam tidak mendapat restu KASN untuk melaksanakan lelang jabatan pengisian jabatan.

Barli menyebut hal itu akibat belum ditindaklanjutinya rekomendasi KASN Nomor B-1428/JP.01/04/2022 perihal rekomendasi atas dugaan pelanggaran dalam demosi pejabat administrasi di lingkungan Pemkab BS.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak KASN, mereka kemungkinan tidak akan memberi rekomendasi lelang jabatan eselon II kalau rekomendasi non job dan demosi pejabat belum ditindaklanjuti oleh bupati,” klaim Barli.

Karenanya, Barli sangat berharap Bupati segera menindaklanjuti rekomendasi KASN mengembalikan atau mengangkat dalam jabatan setara 26 PNS yang dinonjobkan dan demosi pada mutasi awal Februari lalu. Hal itu demi kepentingan daerah.

“Saya minta kepada bupati untuk menindaklanjuti rekomendasi KASN, jangan sampai daerah terkena imbas buruk akibat hal tersebut,” sambung Barli.

Sangat disayangkan jika sembilan kursi kepala OPD dibiarkan kosong terlalu lama. Hal itu dinilai Barli akan berpengaruh dengan penyelenggaraan roda pemerintahan. Sebab kewenangan Plt sangat terbatas. “Jangan sampai kursi kepala OPD dibiarkan lama kosong. Harus segera ada pejabat definitif agar roda pemerintahan dapat berjalan normal. Semua program di OPD dapat terealisasi dengan baik tanpa ada hambatan,” tukas Barli.

Ditarget Juni

Sementara itu, Pemkab BS memastikan dalam waktu dekat bakal menggelar lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang kosong dan menjelang pensiun. Namun kepastian jadwal lelang kepala OPD tersebut masih menunggu rekomendasi KASN.

Pemkab BS sendiri sudah mengusulkan kembali usulan lelang jabatan yang terbaru. Total ada 14 posisi jabatan eselon II yang kosong dan mendekati masa pensiun. Seluruh jabatan eselon tersebut akan dilelang secara terbuka.

Hingga kemarin, ada 10 posisi jabatan yang sudah kosong dan dijalankan Plt kepala. Yakni Plt kepala BKPSDM, kepala Dinas PUPR, kepala Dinkes, kepala Dinas Pariwisata, kepala DPPKB-P3A, kepala DPM-PTSP, kepala Dinas pertanian, sekretaris DPRD, Asisten II dan kepala DLHK.

Sedangkan empat posisi jabatan eselon II yang pejabatnya memasuki masa pensiun terhitung enam bulan kedepan yakni Asisten I, Kepala Bappeda-Litbang, kepala BPBD, dan staf ahli Bupati bidang pembangunan.

“Untuk usulan rekomendasi yang diajukan ke KASN ada 14 posisi jabatan yang bakal dilelang. Kini tinggal menunggu rekomendasi KASN keluar. Kami targetkan Juni pelaksanaan lelang dimulai,” ujar Kabid PIMP BKPSDM BS, Fariq Hafis MM.

Terpisah, Sekda BS Sukarni mengatakan proses lelang jabatan nanti akan dilakukan sesuai mekanisme dan prosedur yang ditetapkan. Sehingg para pejabat yang mempunyai kualifikasi dan kemempuan bisa mendaftarkan diri.

“Secara keseluruhan akan dilakukan lelang serentak. Dalam proses pelaksanaan nanti diharapkan dapat terpilih pejabat yang mempunyai kualifikasi baik di bidangnya,” terang Sukarni.

Ditambahkan Sukarni, pengisian jabatan melalui proses lelang JPTP ini untuk mengisi kekosongan pejabat yang sudah lama terjadi di BS, serta persiapan untuk mengisi pejabat yang mendekati masa pensiun.

“Proses lelang jabatan ini selain mengisi yang kosong, juga persiapan untuk pengisian jabatan yang pejabatnya nanti pensiun, karena dalam aturan jabatan bisa dilelang jika masa persiapan pensiun pejabatnya sudah memasuki enam bulan untuk pelantikan pejabat terpilih tetap menunggu pensiun,” terang Sekda. (yoh/one)

Sumber: