Viral! Video Buaya Berenang di Pantai

Viral! Video Buaya Berenang di Pantai

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Beredar luas di dunia maya video hewan reftil diduga seekor buaya berenang di kawasan Pantai Wisata Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Video tersebut viral dan menghebohkan masyarakat dunia maya, Kamis (19/5).

Dalam tayangan video berdurasi 23 detik terdengar jelas suara seorang pria memberitahukan seekor buaya sedang berenang di perairan Pantai tempat syutingnya film Laskar Pelangi tersebut.

Binatang buas itu terlihat berenang santai di antara bebatuan. “Kawan-kawan sekarang di Pantai Tanjung Tinggi ada buaya sedang timbul. Itu kawan-kawan buayanya, buaya.. buaya..buya,” sebut pria itu.

Belum diketahui secara jelas perkiraan ukuran hewan yang diduga buaya itu. Begitupun jenisnya. Karena suara pria dalan video viral tersebut tidak menyebutkan ukuran dan jenis hewan tersebut.

Hingga Kamis (19/5) malam, video buaya berenang di destinasi wisata primadona Belitung sudah menyebar baik di grup-grup media sosial dan WhatsApp. Beragam komentar masyarakat yang khawatir dengan kehadiran buaya itu.

Selain membuat takut wisatawan berenang di pantai, juga dikhawatirkan bakal menyerang manusia. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) segera menangkap hewan predator tersebut.

Camat Sijuk, Febriansyah mengatakan, dirinya sudah melihat video seekor buaya berenang di kawasan Pantai Tanjung Tinggi. Namun, dia belum bisa memastikan apakah hewan itu adalah seekor buaya. “Masih belum bisa dipastikan itu buaya apa bukan. Sebab, di lokasi tersebut memang banyak biawak,” kata Febriansyah seperti dikutip Belitong Ekspres.

Untuk memastikannya, Camat Sijuk akan memantau langsung kawasan Pantai Tanjung Tinggi, hari ini. Febriansyah akan mengajak kepala desa setempat untuk mendatangi lokasi yang ada di video tersebut. “Untuk sementara kita belum bisa berkomentar banyak. Besok kita kabari perkembangannya,” jelas Febriansyah.

Sementara itu, salah seorang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, Kusumah Kosasih mengatakan, adanya video viral tersebut sangat mempengaruhi wisatawan yang berkunjung ke Belitung. “Belakangan ini, Belitung sedang ramai-ramainya wisatawan. Dan lokasi yang paling banyak dikunjungi adalah Tanjung Tinggi,” kata Kusumah.

“Dengan adanya (kabar video seekor buaya berenang di pantai wisata), tentunya akan membuat orang takut berkunjung ke Tanjung Tinggi. Hal itu sangat berdampak bagi sektor Pariwisata,” sambungnya.

Oleh karena itu, Kusumah meminta kepada semua pihak untuk mencari tahu kebenaran video viral tersebut. Lalu, jika benar adanya buaya berenang di Pantai Tanjung Tinggi, maka harus segera ditangkap.

Terpisah, Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Belitung Riko Pribadi juga membenarkan, pihaknya sudah melihat video buaya tersebut. “Untuk sementara belum ada perintah untuk melakukan pencarian terhadap buaya tersebut,” kata Riko. (kin/red)

Sumber: