Tanpa Koordinasi, Ketua DPRD Kecewa Usulan PPPK

Tanpa Koordinasi, Ketua DPRD Kecewa Usulan PPPK

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS) Barli Halim SE mengaku kecewa dengan pengusulan seleksi PPPK yang diajukan BKPSDM BS.

Ia menilai pengusulan tanpa koordinasi dengan DPRD terlebih dahulu. Para wakil rakyat pun tidak tahu sama sekali terkait rencana Pemda melakukan seleksi PPPK.

“Saya mendapat informasi melalui berita di koran bahwa ada usulan seleksi PPPK. Sementara dari eksekutif dalam hal ini BKPSMD tidak pernah koordinasi dengan lembaga (DPRD). Saya sangat kecewa,” ujar Barli.

Seharusnya, lanjut Barli apa pun rencana kerja atau program yang dirancang eksekutif harus dikoordinasikan dengan DPRD. Sebab DPRD merupakan bagian dari pemerintahan di daerah. Apalagi realisasi program tersebut tetap membutuhkan andil para anggota dewan.

“Seharusnya ada pemberitahuan atau koordinasi ke lembaga mengenai pengusulan PPPK. DPRD merupakan bagian dari pemerintahan di daerah, wajib tahu program atau rencana kerja yang akan dijalankan eksekutif,” ujar Barli.

Dikatakan Ketua DPRD BS, Barli Halim jika program yang direncanakan eksekutif tidak dikoordinasikan ke DPRD, dikhawatirkan menemui kendala. Seperti seleksi PPPK, prosesnya tentu membutuhkan dukungan anggaran dari APBD. Jika DPRD tidak setuju atau mencoret anggaran tersebut pada pembahasan anggaran, tentu seleksi PPPK akan terhambat.

“Makanya saya minta eksekutif aktif berkoordinasi dengan kami. Karena dalam pemerintahan ini ada eksekutif dan legislatif. Jangan sampai terjadi mis komunikasi dalam menyusun program,” tukas Barli. (yoh)

Sumber: