900 Kuota PBI JKN untuk Masyarakat Miskin

900 Kuota PBI JKN untuk Masyarakat Miskin

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sebanyak 900 kuota Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segera disalurkan kepada masyarakat miskin. Kuota ini bagian dari 100.181 kouta program PBI JKN Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang sengaja dicadangkan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) BS, Hj Diah Winarsih, SH melalui Kabid Fakir Miskin Perlindungan dan Jaminan Sosial Anas Hanfi, SE mengatakan, untuk mengisi 900 kuota Penerimaan Bantuan Iuran tersebut, pihaknya akan memberdayakan petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) desa. Nanti, Puskesos akan bertugas mendata masyarakat masyarakat yang layak mendapatkan program ini. Diantaranya belum mendapatkan bantuan program jaminan kesehatan, ekonomi menengah kebawah, lansia, orang dengan gangguan jiwa atau orang yang menderita sakit kronis dan menahun.

"Intinya kuota cadangan ini akan diserahkan kepada orang yang benar benar layak mendapatkan,"terang Anas. Dia menambahkan, program JKN ini, diperuntukan sesuai dengan prioritas. Tetapi untuk satu keluarga jika anggota sudah terdaftar maka semua anggota keluarga akan dimasukkan. Karena sifat program BPJS ini kalau satu anggota keluarga sudah dimasukkan maka harus dimasukkan semua anggota keluarga lainnya.

Dengan adanya pendataan pemenuhan 900 kuota Penerimaan Bantuan Iuran cadangan ini, Bengkulu Selatan sudah termasuk Universal Health Coverage (UHC) dengan pemenuhan kuota tersebut diharapkan tidak ada lagi keluhan masyarakat yang tidak terlayani program kesehatan dan tidak bisa berobat di fasilitas kesehatan.

Kepada petugas Puskesos diharapkan benar benar jeli dalam mendata calon penerima JKN ini. jangan sampai orang yang berhak dapat tetapi tidak kebagian. Justru orang yang tidak layak dapat. Jadi petugas harus benar benar turun ke desa saat penjaringan. Jangan hanya mendata dari jauh. (one)

Sumber: