1000 Dosis Vaksin PMK Hari Ini Disuntikkan

1000 Dosis Vaksin PMK Hari Ini Disuntikkan

Vaksin PMK. Penyakit mulut dan kuku ini mulai merambah ke Provinsi Bengkulu-Ahmad Fauzan-Sahri Senadi

RASELNEWS.COM, SELUMA - Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Seluma, 1000 dosis vaksin disuntikkan.

Penyuntikan vaksin dilaksanakan hari ini Rabu (29/1), terhadap ternak sapi di beberapa desa di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan vaksin ini merupakan bantuan dari Pemprov Bengkulu. "Jadi mulai besok (hari ini) sebanyak 1000 dosis vaksin akan disuntikkan ke ternak sapi di Kecamatan Air Periukan. Untuk menangkal penyebaran penyakit PMK," tegas Arian Sosial kepada Raselnews.com.

Arian mengatakan vaksin diberikan kepada ternak sapi yang ada di desa penyangga. Atau desa terdekat dari tempat ditemukannya kasus PMK. Sebagai satu-satunya desa tempat merebaknya virus PMK.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Bentuk Posko PMK, Daerah Kaur Malah Dibongkar

Dengan jumlah sapi terjangkit sebanyak 25 ekor. "Jadi desa penyangga dari Desa Lokasi Baru, ternaknya akan divaksin. Diantaranya Desa Sukasari, Talang Benuang, kemudian Kelurahan Dermayu. Agar penyakit PMK tidak meluas. Sehingga ternak sapi di desa tetangga diberikan vaksin," tegas Arian Sosial.

Menurutnya, saat ini petugas sudah dibagi dalam empat tim. Mereka yang akan memberikan vaksin kepada ternak sapi yang ada di wilayah tersebut.

"Tim sudah dibentuk, serta sebanyak empat tim sudah disiapkan. Untuk melakukan penanganan penyebaran penyakit PMK. Sehingga penyakit PMK tidak meluas dan hanya ditemukan di Desa Lokasi Baru saja," tegasnya lagi.

Warga yang memiliki ternak sapi yang berdekatan dengan Desa Lokasi Baru agar tetap waspada dan mengandangkan sapinya. Sampai penyakit PMK benar benar sudah tidak ditemukan lagi. (rwf)

Sumber: dinas pertanian dan peternakan seluma