Bengkulu Selatan Kekurangan 19 Dokter dan Perawat

Bengkulu Selatan Kekurangan 19 Dokter dan Perawat

PELAYANAN : Proses pelayanan kesehatan dasar yang dilakukan tenaga kesehatan di Puskesmas M.Taha --

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Wajar saja kalau masyarakat di Kabupaten Bengkulu Selatan sering mengeluhkan pelayanan kesehatan belum maksimal.

Pasalnya, hingga saat ini, tenaga kesehatan (Nakes) baik yang berprofesi sebagai dokter maupun perawat masih kurang. Total kekurangan 19 orang nakes. Meliputi dokter dan perawat.

Plt Kepala DInas Kesehatan BS, Didi Ruslan, S.KM, M.Si mengatakan, dari 14 Puskesmas di Kabupaten BS, hingga saat ini baru lima Puskesmas yang membuka pelayanan 24 jam. Sementara 11 Puskesmas lainnya belum.

BACA JUGA:Bupati Gusnan Pastikan Penataan Kota Terus Dilakukan

Sebab, dari segi fasilitas kesehatan maupun tenaga medis masih sangat kurang.

Bahkan, pihaknya sekarang sudah mengajukan tambahan Nakes ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Program Nusantara Sehat. "Ya, saat ini kami sedang tahapan pengajuan. Setidaknya, ada 19 Nakes yang kami butuhkan. Yakni dokter umum dan tenaga perawat," katanya.

Dikatakan Didi, walau masih kekurangan nakes untuk dapat membuka pelayanan selama 24 jam. Namun, sebagai pelayanan kesehatan Puskesmas diminta wajib selalu stand by setiap harinya. Hal ini, tidak lain agar pelayanan kepada masyarakat yang sakit tetap terpenuhi.

BACA JUGA:Kepala Puskesmas Dimutasi

Dirinya berharap, usulan penambahan nakes tersebut diakomodir Kemenkes RI. Sehingga, ke depannya, 14 Puskemas yang ada di BS semuanya bisa berubah status menjadi Puskesmas perawatan. "Kami berharap usulan penambahan dokter dan perawat bisa disetujui," tandasnya. (one)

Sumber: dinas kesehatanbengkulu selatan