Ribuan Dosis Vaksin Kedaluwarsa

Ribuan Dosis Vaksin Kedaluwarsa

Ilustrasi--

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ribuan dosis vaksin covid 19 kedalwarsa. Dinas Kesehatan (Dinkes) BS melaporkan 1.060 dosis vaksin Covid-19 jenis AztraZenica, kedaluwarsa atau sudah dalam ambang batas peredaran. Untuk keamanan, vaksin sudah disimpan dan ditarik peredarannya dan disimpan di Gudang Farmasi Dinkes BS.

Dosis ini digunakan untuk vaksinasi dosis kedua dan ketiga atau booster. Namun pihak Dinkes BS bersama TNI/Polri terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di sejumlah wilayah di setiap kecamatan. Hal itu bertujuan mengurangi stok vaksinasi yang akan masuk ambang batas kedaluwarsa dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Tabrak Pohon Mangga Mobil Kades Remuk

“Vaksin yang telah dinyatakan kedaluwarsa untuk jenis Aztrazenica sudah diamankan di Gudang Farmasi. Kini menunggu petunjuk terkait tindak lanjutnya, apakah dimusnahkan atau ditarik Kemenkes. Yang pasti vaksin yang diterima sesuai kouta masing-masing kabupaten, namun jangka waktu edarnya terbatas,” pungkas Kabid P2P Dinkes BS, Budi Syaputra M.Kes.

Disampaikan Budi, rencananya akan melakukan pemusnahan vaksin yang kedaluwarsa, tetapi masih menunggu petunjuk. Namun pihaknya tetap berupaya memaksimalkan penyuntikan vaksinasi kepada masyarakat.

Dalam menekan penyebaran Covid-19 dan imunitas, diimbau kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi di masa pendemi Covid-19. Apalagi pemerintah sudah menggencarkan dosis ketiga atau booster.

"Kalau untuk penanganan vaksin kedaluwarsa, tentunya sesuai SOP penanganan limbah medis. Tetapi kami terus mengoptimalkan dan memaksimalkan pelayanan vaksinasi," tuturnya. (one)

Sumber: wawan suryadi