Jaga Ikon Sejarah, Bundaran Meriam Honisuit Dipercantik

Jaga Ikon Sejarah, Bundaran Meriam Honisuit Dipercantik

BERSIHKAN: Sekda BS Sukarni Dunip M.Si meninjau dan membersihkan lokasi di sekitar Bundaran Meriam Honisuit di depan kantor Bupati BS, kemarin (10/7)--

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  - Untuk menjaga peninggalan bersejarah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Pemkab BS akan melakukan penataan serta perbaikan di lokasi ikon bersejarah tersebut.

Antaranya di lokasi Bundaran Meriam Honisuit yang terletak di Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna, tepatnya di depan kantor Bupati BS yang sudah mulai ditata dan terus dipercantik.

Bahkan Sekda BS Sukarni Dunip M.Si turun langsung ke lokasi untuk melakukan survei rencana penataan, sekaligus kebersihan di seputaran lokasi bundaran. Sekda mengatakan bersama jajaran sengaja melakukan kebersihan di seputaran Bundaran Meriam Honisuit usai melaksanakan apel pagi, Jumat (10/7).

Sekda mengaku hal itu sekaligus survei kesiapan rencana pemasangan lampu penerangan jalan untuk mempercantik Bundaran Meriam Honisuit sebagai ikon bersejarah yang ada di BS. Bukan hanya itu, di lokasi tersebut juga akan dipasang merek yang bertulisan “Bumi Sekundang”.

Dengan nama nantinya, bisa memperkenalkan ikon bersejarah tersebut ke masyarakat luas. "Ya, di lokasi Bundaran Meriam Honisuit akan dipasang lampu penerangan dan nama Bumi Sekundang. Bahkan saat ini pihak Dinas PUPR BS sudah mulai melakukan persiapan pengerjaan," sebut Sekda.

Sekda berharap masyarakat khususnya pemilik hewan ternak, tidak melepasliarkan peliharaannya di seputaran komplek perkantor Bupati BS atau di kawasan Padang Panjang.

"Lokasi ini (Bundaran Meriam Honisuit) merupakan lokasi yang strategis dan ini merupakan salah satu ikon bersejarah di Kabupaten BS. Untuk itu perlu disupport dan didukung dengan lingkungan yang bersih. Kami harap ada kesadaran masyarakat untuk tidak membiarkan hewan ternak berkeliaran lagi. Khususnya di seputaran kantor Bupati BS," harap Sekda. (one)

Sumber: sekretaris daerah bengkulu selatan