Pertalite Naik Sopir Travel Segera Naikkan Ongkos

Pertalite Naik Sopir Travel Segera Naikkan Ongkos

RASELNEWS.COM, KAUR - Kelangkaan Pertalite dan juga dihapusnya BBM jenis premium membyat Persatuan Travel Kaur-Bengkulu (PTKB) sepakat menaikan ongkos angkutan keseluruh jurusan. Kenarikan sekitar Rp 20 ribu dari ongkos sebelumnya.

Rencana kenaikan itu disampaikan PTKB kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kaur belum lama ini. Keputusan naiknya ongkos ini setelah PTKB menggelar rapat. Kenaikan ini akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Secara resmi Ketua PTKB Kaur, Azwar Badarullah sudah melayangkan surat di mana isinya menginformasikan akan menaikan ongkos travel. "Ada beberpa pertimbangan yang kami lakukan. Salah satunya langkanya Pertalite, dihapusnya Premium, tingginya harga Pertamax dan juga naiknya harga suku cadang mobil," ujar Azwar.

BACA JUGA:82 Warga Bengkulu Selatan Positif DBD

Rencana kenaikan itu dibenarkan oleh Kepala Dishub Kaur Dihan Bastari, M.Pd yang mengaku sudah menerima surat dari PTKB. Saat ini jumlah travel di Kaur sekitar 40 unit yang semuanya sudah sepakat untuk menaikan tarif ongkos. "Sudah kita sampaikan mereka agar mensosialisasikan terlebih dahulu dengan pelanggannya. Kangan sampai muncul protes," ujarnya.

Ia juga mengaku tak bisa mengatur regulasi ongkos travel. Sebab kendaraan ini sejatinya bukanlah angkutan umum, sehingga pengaturan tarif ongkos bukan menjadi kewenangan Dishub. Namun demikian tetap saja wajib memenuhi norma-norma mengangkut penumpang. Salah satunya tentunya keselamatan dan lain sebagainya.

"Kalau ini sudah keputusan tentu kita tidak bisa ngotot dengan tarif lama. Apalagi alasan yang disampaikan rasional kenaikan BBM tentu berdampak dengan kenaikan ongkos namun tetap wajib sosialisasikan terlebih dahulu," ucapnya.

Diketahui kenaikan ongkos ini rata rata sebesar Rp 20 ribu dengan tarif yakni Merpas - Bengkulu Rp 150 Ribu, Nasal - Bengkulu Rp 140 Ribu, Linau-Bengkulu Rp 130 Ribu dan Bintuhan - Bengkulu Rp 120 Ribu. Tarif lain juga menyesuaikan yakni Bintuhan - Manna Rp 70 Ribu, Bintuhan-Tais Rp 100 ribu, Manna-Bengkulu Rp 90 Ribu, Luas-Bengkulu Rp120 Ribu, Muara Sahung-Bengkulu Rp150 Ribu, Kinal-Bengkulu Rp120 Ribu dan Padang Guci-Bengkulu Rp100 Ribu. Sementara pengiriman paket/dokumen Rp50 ribu serta carter/borongan Kaur-Bengkulu Rp700 ribu. (jul)

Sumber: ptkb kaur