Distan Bengkulu Selatan Adakan Pengobatan Massal PMK

Distan Bengkulu Selatan Adakan Pengobatan Massal PMK

PANTAU: Tim Supervisi Polda Bengkulu mengecek Pos PMK di BS. Tampak Kabid Peternakan dan Keswan Distan BS menjelaskan rencana pengobatan massal PMK-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Tingginya jumlah kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di BS, membuat Dinas Pertanian (Distan) BS berencana melakukan pengobatan massal PMK secara gratis.

Tahap pertama, pengobatan massal bakal dipusatkan di Kecamatan Pino Raya karena menjadi wilayah status tertinggi kasus PMK.

“Untuk obat dan vaksin telah kami terima dari Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. Insya Allah dalam beberapa hari kedepan kegiatan pengobatan massal ini akan dilakukan. Saat ini masih tahap pendataan ternak terkena PMK,” ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan BS, Yasirli, SP, MM kepada Rasel, kemarin (20/7).

BACA JUGA:Kasus PMK Terus Meningkatkan PPL Diminta Aktif Melapor

Jika tidak dilakukan pengobatan massal, dikhawatirkan mata rantai penularan virus PMK semakin tinggi. Akibatnya ternak BS terancam punah akbiat serangan penyakit tersebut.

“Untuk dosis vaksin sudah ada tambahan 5000 dosis, sementara dosis obat sudah ada 2500 dosis. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan penyelesaian pendataan hewan ternak,” kata Yasirli.

Yasirli meminta peternak segera mengandangkan ternak agar petugas Distan BS mudah melakukan pengobatan dan penyuntikan. Peternak juga dilarang menjual ternak yang sedang sakit akibat PMK, agar tidak menularkan ke daerah lain.

“Sejauh ini sudah lebih 1000 ekor ternak terpapar PMK di lima kecamatan. Sementara yang sudah berhasil disembuhkan ada 182 ekor. Mudah-mudahan saja tidak ada tambahan kasus baru ternak yang terpapar virus tersebut,” ujar Yasirli.

Pantau Posko

Sementara itu, Tim Supervisi Polda Bengkulu melaksanakan kunjungan ke Pos PMK Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya BS, kemarin (20/7) pagi. Kegiatan dipimpin Kabag Ops Polda Bengkulu AKBP Nurman bersama tim, untuk mengetahui sejauh mana berjalannya penanggulangan dan penanganan PMK di BS. 

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Selatan Buat Langkah Penanganan PMK

Tim Supervisi Polda Bengkulu juga melakukan pengecekan administrasi posko, baik data hewan terpapar PMK maupun penggelaran personel yang ada di posko. Dalam kegiatan, Katim Supervisi Polda Bengkulu AKBP Nurman mengaku ditugaskan untuk melaksanakan pemeriksaan penanganan wabah PMK yang mengancam ternak.

Terpisah, Kapolres BS AKBP Juda Trisno Tampubolon melalui Kapolsek Pino Rata Iptu Junairi, MH menyambut Tim Supervisi Polda Bengkulu di Posko Penanganan PMK Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya. Kapolsek mengaku siap selalu menjaga dan mengecek pengiriman hewan ternak yang melewati posko.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi peternak agar tidak melepas ternak yang terjangkit PMK. Di samping itu, pemeriksaan lalu lintas distribusi ternak juga akan ditingkatkan,” pungkas Kapolsek. (rzn/yoh)

 

Sumber: