Satu Jemaah Bengkulu Selatan Positif Covid-19

Satu Jemaah Bengkulu Selatan Positif Covid-19

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Jemaah Haji kloter VI asal Provinsi Bengkulu tiba di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu pukul 11.30 WIB, kemarin (21/7). Setibanya di Asrama Haji, seluruh jemaah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Koordinator Kesehatan Jemaah Haji Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bengkulu, Wesbi, mengatakan satu jemaah haji asal Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes antigen.

Ia mengaku jemaah yang terpapar covid-19 tidak mengalami gangguan kesehatan lain, hanya merasa kelelahan. "Kalau gejalanya, tidak ada. Hanya kelelahan saja,” kata Wesbi, Kamis (21/7). 

BACA JUGA:Hari Ini Jemaah Haji Bengkulu Tiba, Keluarga Dilarang Jemput di Bandara

Wesbi mengatakan satu jemaah positif covid-19, langsung dibawa ke daerah asalnya menggunakan ambulance. Layanan ambulance memang disediakan masing-masing kabupaten/kota. "Nanti jemaah haji itu akan melaksanakan karantina di daerah masing-masing," beber Wesbi.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang menyambut langsung jemaah haji di Bandara Fatnawati Bengkulu mengucap rasa syukur atas kepulangan para jemaah dengan selamat. “Selamat datang kembali di Provinsi Bengkulu. Kita semua tahu saudara sekalian pasti sudah tidak sabar lagi untuk bertemu keluarga,” ungkap Rohidin.

Terpisah, Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan, mengatakan jemaah haji kloter VI berjumlah 387 orang. Setibanya di Bengkulu, mereka langsung menjalani rapid test antigen untuk memastikan bebas dari virus Covid-19.

"Seluruhnya dilakukan pemeriksaan kesehatan tanpa terkecuali. Selain memastikan tidak ada yang terpapar covid-19, juga untuk melihat kondisi para jemaah sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” jelas Intihan. 

BACA JUGA:Lapter II Tetap Jadi Pusat Perkantoran Pemkab Bengkulu Selatan

Bagi jemaah haji yang dinyatakan negatif Covid-19, langsung mengikuti acara pelepasan dan kembali bersama rombongan ke kabupaten/kota masing-masing. Jika ditemukan jemaah yang positif Covid-19 hasil pemeriksaan rapid test antigen, akan dievakuasi menggunakan ambulan.

Kloter pertama Bengkulu yang masuk Kloter VI Padang terdiri dari 116 orang jemaah Kota Bengkulu, 77 orang dari Seluma, 59 orang dari Bengkulu Selatan, 49 orang dari Kaur, 43 orang dari Lebong dan 43 orang dari Bengkulu Tengah. “Seluruh jemaah tiba dengan selamat di Bengkulu,” demikian Intihan. (cia)

 

Sumber: