Miris, Masih Banyak Warga Bengkulu Selatan BAB Sembarangan

Miris, Masih Banyak Warga Bengkulu Selatan BAB Sembarangan

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan -Wawan Suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Miris, masih banyak masyarakat Bengkulu Selatan buang air besar (BAB) di sembarang tempat. Ini disebabkan belum ada memiliki fasilitas water closet (WC) di rumahnya.

Sasaran utama yang menjadi tempat buang hajat adalah sungai. Dan ada juga yang disemak semak.

Plt Kepala Dinkes BS, Didi Ruslan M.Kes mengatakan akibat banyak masyarakat yang belum mempunyai WC menyebabkan Kabupaten Bengkulu Selatan mendapat predikat tidak sehat dan miskin.

Padahal pemerintah selalu menggelontorkan bantuan kepada masyarakat tidak mampu agar bisa membangun WC. Tetapi kenyataan di lapangan, bantuan itu banyak yang disalahgunakan. Seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dananya sudah disalurkan tapi WC tak jadi dibangun dan masyarakat tetap buang hajat sembarangan.

"Jadi pas saya di Dinas Sosial dulu, bantuan PKH itu memang ada, bantuan untuk buat WC juga ada. Tapi masyarakat enggan bangun WC. Masyarakat justru terkesan masih pilih BABS ke sungai. Terutama beberapa warga diwilayah Kecamatan Air Nipis dan Seginim," terang Didi.

BACA JUGA:Pelajar Mau Dapat PIP, Ini Cara Daftarnya

Sementara itu, menanggapi hal ini Bupati BS, Gusnan Mulyadi, MM menegaskan, agar hal ini tidak terulang dan masyarakat meningkatkan kesadaran mengenai sanitasi. Gusnan mengingatkan seluruh camat dan Kepala Puskesmas agar menggitkan masyarakat untuk membangun fasilitas WC.

Khususnya dari dana bantuan yang diberikan pemerintah. Termasuk, peran aktif Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mewujudkan desa bebas BABS atau desa ODF, menuju Kabupaten BS sehat. Apalagi, Pemdes melalui Dana Desa (DD) dibolehkan membangun fasilitas pendukung untuk program pengentasan kemiskinan dan PHBS di desa. “Jangan sampai kondisi ini menjadi indikator penyebab kemiskinan,” tegas Gusnan. (one)

Sumber: dinas kesehatan bengkulu selatan