Sandiaga Uno Janji Festival Tabot Menginternasional

Sandiaga Uno Janji Festival Tabot Menginternasional

KAGUM: Menparekraf Sandiaga Uno mengagumi situs Rumah Bung Karno sebagai destinasi sejarah yang seharusnya dimintai wisatawan-lisa rosari-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno memastikan akan membantu pengembangan pariwisata Bengkulu. Hal itu disampaikan Sandiaga saat berkunjung ke Bengkulu, kemarin (3/8).

Usai meninjau Situs Rumah Bung Karno, Sandiaga menyebut destinasi wisata sejarah menjadi daya tarik unggulan Provinsi Bengkulu. “Banyak wisatawan nusantara bahkan internasional datang ke sini, baik itu napak tilas maupun belajar sejarah. Jadi patut mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah," ungkap Sandiaga. 

Menteri yang akrab disapa Sandi ini juga memastikan pola perjalanan wisatawan ke wisata sejarah Bengkulu sebagai bagian dari Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), sehingga menjadi satu kesatuan yang terkoneksi dengan infrastruktur agar dapat lebih menarik wisatawan. Hal ini akan memudahkan para wisatawan dalam mengakses wisata sejarah.

BACA JUGA:Pemerintah Bengkulu Selatan Bakal Tutup Gerai Modern

Selain itu, Sandi juga menggagas Festival Tabot Bengkulu ditingkatkan menjadi festival internasional. Festival Tabot dinilai Sandi sebagai keunikan atas kearifan lokal, seni serta tradisi Bengkulu dalam memperingati Tahun Baru Hijriyah. "Saya akan mengirimkan undangan secara resmi kepada para wisatawan mancanegara dan para duta besar untuk hadir di Festival Tabot Bengkulu 2023," janjinya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengkau banyak faktor yang mendukung Festival Tabot untuk menginternasional. Tingginya animo masyarakat menyaksikan Festival Tabot serta dukungan industri kreatif yang mulai tumbuh, menjadi salah satu indikator.

"Wisata sejarah seperti ini akan terus kami jaga dan rawat. Mengenang jasa para pahlawan merupakan kewajiban generasi penerus," ungkap Gubernur. (cia)

 

Sumber: