Cegah Banjir, Sungai Talo Kecil di Seluma Harus Segera Dikeruk

Cegah Banjir, Sungai Talo Kecil di Seluma Harus Segera Dikeruk

BANJIR : Desa yang terendam banjir di Seluma beberapa waktu lalu. Untuk mengatasi banjir ini alur sungai harus dikeruk-DOK-BPBD Seluma

RASELNEWS.COM, SELUMA - Untuk mengantisipasi bencana banjir setiap musim hujan, pengerukan alur sungai di Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma segera dilakukan.

Anggota DPRD Seluma dari Dapil Talo dan sekitarnya, Ulil Umidi berharap Pemkab Seluma segera menindaklanjuti usulan pengerukan sungai, khususnya usulan dari warga Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil, yang setiap hujan, debit air di Sungai Talo Kecil selalu meluap dan mengakibatkan banjir.

"Kami minta kepada Pemerintah Daerah untuk segera merealisasikan usulan masyarakat untuk melakukan pengerukan alur Sungai Talo Kecil. Karena saat ini terjadi pendangkalan sehingga air tidak lancar. Saat musim penghujan, air menjadi meluap dan membanjiri Desa Tebat Sibun," harap Ulil.

Ulil mengatakan Pemkab Seluma bisa menganggarkan dan pada APBD Perubahan tahun 2022 atau juga melalui dana tak terduga dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma. Termasuk Dinas PUPR Seluma, sehingga bisa mengatasi ancaman banjir yang terus mengintai masyarakat Desa Tebat Sibun.

BACA JUGA:Beli Sabu-sabu, Warga Kedurang Ilir Dituntut Penjara 18 Bulan

"Saat ini setiap banjir, ketinggian air bisa mencapai 50 sentimeter. Apalagi yang terjadi beberapa hari lalu juga merusak tanaman padi masyarakat. Jadi kami minta agar segera ada penanganan dari Pemkab Seluma," ujarnya.

Terpisah Kepala Desa Tebat Sibun, Jahari mengaku Selasa malam (10/8) masyarakat kembali waspada. Karena curah hujan tinggi disertai dengan listrik padam. Masyarakat masih khawatir jika terjadi banjir susulan.

"Syukurlah, tidak banjir lagi. Meskipun air Sungai Talo Kecil sempat meluap tapi tidak sampai membanjiri Desa Tebat Sibun," pungkasnya. (rwf)

Sumber: dprd seluma