Dosen Unib Gelar PKM Pemberdayaan Guru Olahraga

Dosen Unib Gelar PKM Pemberdayaan Guru Olahraga

BERSAMA : Dosen Universitas Bengkulu bersama para guru olahraga di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dalam acara PKM pemberdayaan guru olahraga-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Para Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani dan Program Studi Kedokteran Universitas Negeri Bengkulu (Unib), menggelar pemberdayaan guru olahraga tingkat Sekolah Dasar (DN) se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Kegiatan ini dipusatkan di SDN 149 Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Selasa (9/8).

“Tujuan kegiatan ini yakni untuk menambah dan meningkatkan keilmuan para guru pendidikan jasmani dan olahraga terutama di jenjang SD. Karena masih banyak ilmu yang belum diketahui untuk anak didik mereka,” ujar Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Unib, Yahya Eko Nopiyanto, M.Pd.

Dijelaskan Yahya, PKM dosen Unib tersebut hanya berlangsung satu hari saja. Dimana, para dosen Unib langsung datang ke sekolah tujuan untuk memaparkan materi yang ingin disampaikan. Kegiatannya dibagi dalam tiga tema yakni workshop penyusunan program latihan, pengembangan alat tes komponen fisik, serta penyusunan program guzi atlet usia SD.

BACA JUGA:Harga Kelapa Sawit Di Seluma Rp 1.100 Perkilogram

“Sebanyak tiga dosen yang memberikan materi dalam PKM kali ini. Yakni, Ns. Diah Ayu Aguspa Dita, S.Kep, M. Biomed dari Fakultas Kedokteran, Bogy Restu Ilahi, M.Pd dari Prodi Pendidikan Jasmani dan saya sendiri. Alhamdulillah, acara ini berlangsung lancar dan peserta antusias mengikuti pemberdayaan,” kata Yahya.

Disamping itu sambung Yahya, kegiatan PKM pemberdayaan guru olahraga tingkat SD di Kecamatan Sukaraja juga untuk meningkatkan prestasi siswa dibidang olahraga, salah satunya di ajang bergengsi KOSN (kompetisi olahraga siswa nasional) yang rutin digelar tiap tahunnya. Sebab, selama ini pihaknya menilai para guru olahraga SD masih belum dapat memaksimalkan potensi atlet dini yang sebetulnya bisa diolah untuk lebih berprestasi lagi.

“Makanya, seorang guru olahraga yang notabenya juga seorang pelatih cabang olahraga, harus mempunyai kompetensi yang memadai. Paling utama itu kompetensi dalam menyusun program latihan, kompetensi mengembangkan alat tes kondisi fisik serta bisa menyusun program gizi atlet usia dini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala SDN 149 Seluma, Dinsan, S.Pd, mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi bagi para dosen Unib yang menyempatkan diri untuk memberikan imu baru bagi guru olahraga di lingkup sekolahnya dan Kecamatan Sukaraja. Ia berharap, kedepan kompetensi guru olahraga semakin kuat dan bisa membina para altet muda menjadi lebih berkualitas lagi. (rzn)

Sumber: tim pengabdian kepada masyarakat unib