Belasan Gedung Sekolah di Bengkulu Selatan Dibongkar

Belasan Gedung Sekolah di Bengkulu Selatan Dibongkar

Ilustrasi sekolah rusak di Bengkulu Selatan-rezan okto wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Belasan gedung sekolah dari 14 lembaga pendidikan TK, SD dan SMP di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dibongkar. Pembongkaran ini dilakukan untuk renovasi bangunan yang sudah rusak. Kegiatan ini dikerjakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kemendikbudristek RI tahun 2022. 

Ada beberapa sekolah yang menerapkan sistim sesi atau bergantian belajar. Ini lantaran ruang belajar kurang akibat adanya gedung yang direhab.

Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto, S.Sos, M.Si mengatakan, setidaknya ada 1 SMP, 6 TK dan 7 SD yang tengah direhab saat ini. Rehab mulai dari pergantian atap sekolah, pemasangan plafon baru hingga pemasangn lantai keramik. Target penyelesaian proyek hingga November mendatang.

BACA JUGA:Blank Spot, Boleh Gelar ANBK di Sekolah Lain

“Progres proyek rehab bangunan sekolah mulai dijalankan pada pekan lalu. Makanya, sekolah yang tengah direhab ini, kembali diterapkan kebijakan belajar sesi. Tujuannya, agar siswa tidak menumpuk di dalam satu ruang belajar,” ujarnya.

Novianto mengklaim, tak ada masalah dengan kebijakan sesi yang diterapkan saat ini. Pasalnya, lebih dulu sekolah telah menerapkan kebijakan tersebut pada saat pandemi covid-19 merebak. “Dulu waktu covid-19 parah, sekolah sistem sesi dan aman-aman saja,” katanya.

Meski demikian, dirinya tetap menginstruksikan para guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) untuk menjaga efektiftas pendidikan selama proyek rehab bangunan sekolah berlangsung. Karena target pendidikan bukan hanya gedung dan fasilitas sekolah yang bagus, melainkan anak didik yang cerdas dan berbakat. (rzn)

 

Sumber: